Pengertian dan Fungsi Pusat Sumber Belajar

Pusat sumber belajar sering disebut juga sebagai media center, yang diartikan sebagai lembaga yang memberikan fasilitas pendidikan, pelatihan, dan pengenalan berbagai media pembelajaran. Pusat sumber belajar dirancang untuk memberikan kemudahan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia. Dengan demikian, kebutuhan akan sumber belajar dalam proses pembelajaran bisa dipenuhi dengan adanya pusat sumber belajar.

Pembentukan pusat sumber belajar juga didasari oleh pentingnya sebuah lingkungan dalam mendukung proses belajar siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu faktor pendukung siswa dalam belajar adalah kondisi lingkungan yang nyaman. Dengan adanya pusat sumber belajar, siswa bisa diorientasikan untuk melakukan proses belajar di tempat tersebut. Dengan demikian, pusat sumber belajar yang sudah disetting sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan pada penggunanya, dapat membantu siswa dalam proses belajar. Pengembangan sistem pembelajaran menuntut peningkatan efektivitas kegiatan belajar mengajar dengan memberikan penekanan pada aktifitas siswa dimana kegiatan belajar di kelas dan pusat sumber belajar merupakan suatu rangkaian kegiatan yang terpadu.

Pusat sumber belajar adalah suatu unit dalam suatu lembaga (khususnya sekolah, universitas atau perusahaan) yang berperan mendorong efektifitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi yang meliputi fungsi layanan (seperti layanan media, pelatihan konsultasi pembelajaran, dan lain-lain) fungsi pengadaan atau pengembangan (produksi) media pembelajaran, fungsi penelitian dan pengembangan, fungsi lain yang relevan untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi pembelajaran.

Fungsidan PeranPusat Sumber Belajar

Fungsi pengembangan sistem intruksional

Fungsi ini menolong jurusan atau departemen dan staf tenaga pengajar secara individual di dalam membuat rancangan (desain) dan pemilihan options (pilihan) untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar dan mengajar, yang meliputi :

  1. Perencanaan kurikulum
    1. Identifikasi pilihan program pembelajaran
    1. Seleksi peralatan dan bahan
    1. Perkiraan biaya
    1. Pelatihan bagi tenaga pengajar
    1. Perencanaan program
    1. Prosedur evaluasi
    1. Revisi program
Baca Juga :  Keistimewaan Khasiat Mandi Sebelum Shubuh

Fungsi informasi

Dalam kehidupan sehari-hari orang sering memerlukan informasi, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan usahanya. Ada beberapa macam sumber informasi, seperti pusat komputer (puskom), bahan bacaan, radio, televisi, perorangan, lembaga, dan sebagainya. Jika informasi yang diperlukan hanya sedikit dan yang memerlukannya juga sedikit, maka bahan informasinya dapat disimpan dalam satu file. Jika yang memerlukannnya lebih banyak, maka perlu dibentuk perpustakaan lengkap dengan katalognya. Bahkan jika lebih banyak lagi, harus menggunakan data base computer.

Fungsi pelayanan media

Fungsi ini berhubungan dengan pembuatan rencana program media dan pelayanan pendukung yang dibutuhkan oleh staf pengajar dan pelajar, yang meliputi :

  1. Sistem penggunaan media untuk kelompok besar.
  2. Sistem penggnaan media untuk kelompok kecil.
  3. Fasilitas dan program belajar sendiri (individual).
  4. Pelayanan perpustakaan media/bahan pengajaran.
  5. Pelayanan pemeliharaan dan peminjaman/sirkulasi.
  6. Pelayanan pembelian bahan-bahan dan peralatan
  • Fungsi produksi

Fungsi ini berhubungan dengan penyediaan materi dan bahan pelajaran yang tidak dapat diperoleh melalui sumber komersial, yang meliputi :

  1. Penyimpanan karya seni asli (original atwork) untuk tujuan pembelajaran.
  2. Produksi transparansi untuk OHP.
  3. Produksi fotografi (slide, filmstrip, foto, dan lain-lain) untuk presentasi.
  4. Pelayanan reproduksi fotografi.
  5. Pemrograman, pengeditan, dan reproduksi rekaman.
  6. Pemograman, pemeliharaan, dan pengembangan system radio dan televisi di kampus.
  • Fungsi administratif

Fungsi ini berhubungan dengan cara-cara bagaimana tujuan dan prioritas program dapat tercapai. Fungsi ini berhubungan dengan semua segi program yang dilaksanakan dan akan melibatkan semua staf dan pemakai dengan cara-cara yang sesuai. Hal ini meliputi beberapa kegiatan sebagai berikut :

  1. Supervisi personalia untuk media;
  2. Pengembangan koleksi media untuk program pembelajaran;
  3. Pengembangan spesifikasi pendidikan untuk fasilitas baru;
  4. Pengembagan sistem peminjaman/sirkulasi;
  5. Pemeliharaan kelangsungan pelayanan produksi bahan pembelajaran;
  6. Penyediaan pelayanan untuk pemeliharaan bahan, peralatan, dan fasilitas.

Kelima fungsi pusat sumber belajar dengan kegiatan-kegiatan di atas merupakan fungsi dan kegiatan yang ideal. Seberapa jauh kegiatan yang ideal tersebut dapat dilakasanakan oleh pusat sumber belajar, akan sangat bergantung pada tujuan program pembelajaran, fasilitas, peralatan yang dimiliki, staf dan personalia yang ada dalam pusat sumber belajar yang bersangkutan. Namun demikian dapatlah dipastikan bahwa kelima fungsi diatas akan selalu dijumpai dalam setiap pusat sumber belajar sebagai suatu lembaga yang berusaha untuk memajukan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran. Yang berbeda hanyalah kegiatan-kegiatan nyata yang berhubungan dengan keempat fungsi di atas, sesuai dengan adanya pembatasan-pembatasan yang terdapat pada masing-masing pusat sumber belajar.

Baca Juga :  Keistimewaan Khasiat Mandi Sebelum Shubuh

Kelima fungsi beserta kegiatan pusat sumber belajar di atas merupakan fungsi dan kegiatan yang ideal. Sebaik apapun  kegiatan yang ideal tersebut dapat dilaksanakan oleh pusat sumber belajar, akan sangat tergantung pada tujuan program pengajaran, fasilitas, peralatan yang dimiliki, staf dan personalia yang ada dalam pusat sumber belajar yang bersangkutan.

Dengan demikian dapat dipastikan bahwa kelima fungsi di atas akan selalu dijumpai dalam setiap pusat sumber belajar sebagai suatu lembaga yang berusaha untuk memajukan efektifitas dan efisiensi kegiatan belajar dan mengajar. Yang berbeda hanyalah kegiatan-kegiatan nyata yang berhubungan dengan kelima fungsi di atas, sesuai dengan adanya pem-batasan-pembatasan yang terdapat pada masing-masing pusat sumber belajar sebagai telah disebutkan di atas.

Tags: