Khasiat Madu

Madu dikenal sebagai suatu cairan yang memberikan banyak manfaat lebih bagi tubuh. Madu merupakan cairan alamiah yang banyak mengandung zat gula yang didapatkan oleh lebah yang diambilnya dari nectar bunga yang memiliki rasa manis. Beberapa jenis madu yang memiliki ciri khas yang ada  pada warna madu, bau tekstur, rasa dan kekentalan madu.  Di dalam madu dapat didapatkan beberapa nutrisi seperti, energi, karbohidrat, lemak, protein, gula, air, serat pangan, asam amino, vitamin, mineral, zat besi, zink dan antioksidan.

Madu memiliki sejarah sendiri dalam hal pengobatan. Bogdanov dkk pada bukunya (2008;677) menyatakan bahwa madu pada tahun 2000 M digunakan untuk mengobati luka infeksi sebagai salep. Beberapa ahli yakni sarwono (2001:78) juga mengatakan bahwa madu memiliki fungsi antibiotik. Banyak peneltian yang memberikan banyak penjelasan akan manfaat madu sebagai obat untuk luka dan antibakteri.

Selain itu madu juga memiliki khasiat, seperti untuk dapat menyembuhkan penyakit seperti, mengobati kolestrol, kanker, darah tinggi serta banyak lagi manfaat yang diperoleh dari madu. Saat ini, kita telah sampai pada awal musim hujan dan juga berkembangbiaknya banyak bakteri jahat yang m,enyerang tubuh serta meluasya virus yang dikenal sebagai Covid-19. Dan pada saat-saat inilah biasanya kekebalan tubuh akan mudah menurun secara drastis sehingga tubuh dapat diserang berbagai penyakit. Musim hujan juga sangat identik dengan berbagai masalah kesehatan ringan seperti flu maupun batuk, dan saat itu pilalah kita juga mengkhawatirkan dengan menculnya virus  Covid-19. Sementara itu, saat daya tahan tubuh atau imun menurun, demam, batuk pilek, pusing, dan flu tentunya akan dapat dengan mudah menular. Agar kita dapat menghindar berbagai ancaman tersebut marilah kita mulai hidup sehat serta mengkonsumsi madu untuk mendukung daya tahan tubuh dari berbagai penyakit.

Nutrisi yang terdapat pada madu dapat  membuat sistem imun dan daya tahan  tubuh selalu tetap terjaga. Nutrisi yang terkandung di dalam madu juga memiliki khasiat yang membuat tubuh senantiasa sehat dan kulit menjadi sehat, segar, camtik dan terawat. Bukan itu saja, madu juga  dapat membantu mengurangi berat badan agar tubuh menjadi ideal tanpa takut melukai lambung dengan melakukan diet yang dapat merusak pencernaan.

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengkonsumsi madu sehari- hari. Madu dapat dikonsumsi dengan cara langsung 2 kali sehari setiap harinya. Dan dapat pula dikonsumsi dengan cara yang bervariasi seperti, dengan mencampurkan atau menyeduh teh dengan menggantikan gula dengan madu sebagai perasa, mengoleskan madu pada roti saat sarapan menggantikan selai yang memiliki banyak kandungan lemak yang berlebih, menyeduh madu dengan air putih hangat, mencampurkan madu dengan berbagai salad saat melakukan diet tanpa takut melukai lambung.

Pada saat masa Nabi Muhammad SAW ada sebuah kisah yang mengata kan bahwa madu adalah obat yang digunakan umat muslim saat itu. Yang pada saat itu ada seseorang yang menemui Nabi SAW, dan mengatakan bahwa temanya sedang sakit. Dan rosulullah Saw menyuruh seseorang itu untuk memberikan madu pada temanya tetatpi tak lama seseorang itu kembali pada rosulullah dan mengaatakan bahwa temanya semakin bertambah sakit hingga ketiga kalinya seseorang itu mengatakan hal yang sama sehingga rosulullah Saw menegaskan pada seseorang bahwa perut temanya itu berdusta an menyuruh seseorang itu untuk menyeduhkan air dan madu dan meminumkan kepada temanya sehingga temannya sembuh seketika.

Itulah beberapa manfaat serta kegunaan madu yang dapat menjadi referensi masyarakat untuk menjalani hidup sehat. Semoga kita dapat menjaga dan melindungi keluarga kita meskipun banyak penyakit yang menyebar. Oleh: Yulia Silvynda Putri

Tags: