Cara Membuat Ujian Online Menggunakan WhatsApp Auto Respons

Kali ini saya akan membuat panduan membuat Ujian Online Menggunakan WhatsApp Auto Response yang saat ini banyak diminati oleh para guru dan dosen dalam mengevaluasi siswanya atau mahasiswanya. Terlibih lagi saat ini kita berada dalam masa pandemi Covid-19 yang sebagian besar kampus ataupun sekolah menerapkan pembelajaran atau kuliah dengan memanfaatkan teknologi yang ada dan dianggap mudah untuk dilakukan.

Itulah salah satu sebanya sehingga banyak pengembang aplikasi menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut, salah satunya dengan adanya vasilitas WhatsApp auto respon yang bisa dimanfaatkan. Karena dapat menghemat kuota dan jaringan internet, ujian online menggunakan WhatsApp Auto Respon ini bisa menjangkau seluruh siswa atau mahasiswa, termasuk yang berada di pelosok sekalipun. Lebih disukainya lagi, kebanyakan orang sudah familiar dalam mengoperasikan WhatsApp.

Hanya saja beberapa kelemahannya dalam menggunakan ujian online menggunakan WhatsApp Auto Respon ini karena belum dapat memberikan skor atau nilai secara automatis.

Beberapa Pertimbangan  yang Sering muncul kenapa kita menggunakan WhatsApp

Pada hal kita ketahui bahwa telah banyak aplikasi Learning Management System (LMS) untuk pembelajaran daring seperti MOODLE, Google Lassroom, Quislet, Quisis, Blackboard CourseSites, Schoology, Latitude Learning, Academy of Mine, A Tutor, Udemy, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya semua LMS sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai dalam melakukan proses pembelajaran. Mulai dari daftar hadir siswa / mahasiswa, perangkat materi pembelajaran, penugasan dan bahkan hingga evaluasi pembelajaran yang dapat dipilih berdasarkan jenis dan bentuk soal yang diberikan kepada peserta didik atau mahasiswa.

Dengan keadaan seperti itu, sebagian guru ataupun dosen lebih menyukai WhatsApp sebagai media pembelajaran ataupun ujian oline?Karena selain cara pengoperasiannya yang cukup mudah, WhatsApp juga bisa dimanfaatkan untuk mengadakan ujian online secara otomatis. di akhir ujian bisa ditunjukkan Skor atau Nilai Ujian yang dicapai.

Baca Juga :  Cara mengatur zoom meeting Supaya bisa lebih dari 40 menit

KEUNGGULAN WHATSAPP UNTUK UJIAN ONLIE

Keunggulan ujian online menggunakan WahatsApp Auto Respon adalah:

  1. Sangat mudah dalam pengoperasian
  2. Dapat dijangkau oleh siswa atau mahasiswa yang berada di pelosok sekalipun
  3. Berjalan secara otomatis
  4. Hemat kuota internet
  5. mempermudah Guru / Dosen dalam pemberian nilai
  6. Ringan digunakan

YANG DIBUTUHKAN DALAM MEMBUAT UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN WHATSAPP AUTO RESPON

1. Google Sheet

Pengaturan soal dilakukan dengan menggunakan Google Sheet, dan inipun dianggap cukup mudah karena sama saja dengan Excel, hanya saja bedanya kalua excel bisa dioperasikan secara offline sementara google Sheet harus dengan menggunakan internet.

2. WhatsAuto

Aplikasi WhatsAuto berguna untuk mensinkronkan antara data dari Google Sheet dengan WhatsApp guru atau dosen. Dengan kata lain aplikasi yang akan menjadi jembatan atau penghubung antara WhatsApp dengan Google Sheet.

ADAPUN CARA MEMBUAT SOAL UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN WHATSAPP

Login ke Google Sheet

  1. Buka Email wajib menggunakan email Gmail
  2. Klik pada bagian pojok kanan atas sebelah kiri foto profil
  3. Pilih Sheet

2. Membuat Halaman Baru

Setelah Google Sheet terbuka, Anda dapat membuat halaman baru dengan mengklik Tombol + yang ada di bagian samping kiri layar. Halaman baru inilah yang akan kita jadikan tempat membuat soal ujian beserta jawabannya.

3. Menyiapkan Form Google Sheet

Cara membuat soal dan jawaban di Google Sheet sangat mudah karena cara pengoperasiannya sama dengan Excel. Hanya saja, untuk bisa membuat soal ujian beserta jawabannya secara otomatis Anda perlu memberikan perhatian khusus pada dua kolom pertama Google Sheet tersebut. Yaitu Kolom A untuk membuat soal dan Kolom B untuk membuat jawabannya.

4. Mengisi Form Google Sheet

Pada Kolom A dapat Anda tuliskan kode-kode pesan masuk. Sedangkan Kolom B adalah jawaban atau respon dari pesan yang masuk. Pada cara ini dapat Anda ketikkan langsung di Google Sheet atau dapat juga dengan copy / paste dari Excel yang sebelumnya sudah Anda buat.

Baca Juga :  Cara mengatur zoom meeting Supaya bisa lebih dari 40 menit

Adapun contoh untuk membuat soal ujian online di Google Sheet (Spreadsheet) dapat dilihat berikut ini :

5. Sinkronisasi Google Sheet To Whatsapp

Adapun Langkah-langkah melakukan sinkronisasi Google Sheet dengan WhatsApp adalah:

  1. Buka Aplikasi WhatsAuto
  2. Aktifkan WhatsAuto dan Klik Simbol HP untuk menghubungkan WhatsApp milik Anda. Anda dapat menggunakan WhatsApp biasa ataupun Bisnis.
  3. Non aktifkan Teks Balasan Otomatis dengan cara tidak mencentrangnya (biarkan saja). Kirim hanya dengan customer membalas pesan.
  4. Klik Tombol Home dan pilih Spreadsheet. Pilih file yang telah Anda buat di Google Sheet tadi.
  5. Tekan Tombol SINKRON untuk mensinkronkan File Google Sheet dengan WhatsApp. Tunggu beberapa saat hingga proses sinkron selesai.
  6. Menentukan Peserta Ujian. Apabila Anda memiliki nomor kontak HP siswa / mahasiswa yang akan mengikuti ujian dapat menentukan pilihan kesana. Namun jika tidak memiliki juga nggak masalah tapi resikonya orang lain selain peserta ujian yang Anda targetkan bisa mengakses.
  7. Pastikan soal ujian Anda sudah benar dengan melakukan uji coba dengan menggunakan dua HP yang berperan sebagai HP peserta ujian dan HP penyedia soal ujian.
  • Google Sheet ke WhatsApp
  • Menghungkan Excel ke WhatsApp
  • Sinkron Spreadsheet ke WhatsApp
  • Cek Spreadsheet di WhatsApp
  • Excel ke WA

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada vedio berikut : https://youtu.be/8pazTMnoLMU

Jika sudah selesai pada tahap ini mestinya sudah bisa digunakan, selamat mencoba semoga bermanfaat dan anda berhasil mengaturnya demikian terima kasih wassalam.

Tags: