Peran Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid 19

Dunia memang sedang tergoncang oleh kasus coronavirus disease atau dikenal dengan istilah covid-19 sejak akhir tahun lalu. Virus menular yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, itu, telah menyebar ke 176 negara. Di Indonesia sendiri terjadi lonjakan yang besar pada kasus covid-19. Penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19 di Indonesia membuat banyak universitas dan sekolah menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Dan di sini saya akan membahas tentang peran komunikasi dalam pembelajaran daring yang terjadi pada masa covid 19.

Tekonologi Daring merupakan sebuah perkembangan teknologi yang sangat membantu dalam berkomunikasi terutama untuk komunikasi dua arah pada jarak yang jauh. Teknologi Daring merupakan sebuah komunkasi yang saling bertukar dan telah terhubung serta dapat digunakan  secara serempak yang melibatkan banyak orang.  Namun Teknologi Daring juga membutuhkan perangkat pendukung seperti Komputer, Smartphone atau alat bantu lainya yang digunakan sebagai perantaranya yang terutama harus terhubung dengan Internet.

Dalam situasi sekarang ini yang mana seluruh Dunia terjangkit Virus Corona (Covid-19) maka Teknologi Daring ini sangat membantu semua orang dalam berkomunikasi secara tatap muka namun dengan menggunakan Perangkat. Ini dikarenakan Virus Corona (Covid-19) dapat menyebar dengan sangat mudah melalui interaksi sesama manusia, terlebih lagi jika manusia tersebut mengalami flu atau batuk. Untuk menghindari hal-hal tersebut maka Pemerintah mengambil kebijakan dengan belajar dari rumah dengan tidak meninggalkan tugas pokok kita dalam belajar.

Di antara kebijakan yang diambil ialah menonaktifkan kegiatan perkuliahan di lingkungan kampus untuk melakukan sterilisasi serta melakukan karantina mandiri mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan, termasuk tidak melakukan aksi pertemuan di tempat umum sekaligus menghidupkan perkuliahan dan bimbingan tesis/skripsi secara daring. Kebijakan tersebut aktif mulai 16 Maret hingga 3 April 2020. Tentu ada kesulitan ketika kebijakan baru ini diterapkan. Diterangkan juga bahwa penghentian tatap muka secara langsung bukan berarti bahwa perkuliahan dan bimbingan tidak dilakukan. Namun, dengan tradisi perkuliahan secara konvensional, pilihan melakukan pembelajaran secara daring dari kediaman masing-masing tidak mudah dilakukan. Pertama, memerlukan kesiapan perangkat dan tentu paket data internet yang masih dikelola secara mandiri. Kedua, tidak semua dosen dan mahasiswa siap mengoperasikan sistem pembelajaran daring dengan cepat, termasuk juga mempersiapkan bahan perkuliahan secara digital.

Dengan adanya Teknologi Daring ini harapanya dapat dilakukan untuk mendukung pekerjaan , Belajar dan Mengajar. Yang mana manfaat Teknologi Daring ini untuk mendukung program Belajar dan Mengajar dengan Teknologi Daring yaitu melalui suatu sarana e-Learing atau pembelajaran online dimana peserta didik dan guru dapat berkomunikasi dengan mudah, berinteraksi dengan jarak dan tempat yang berbeda.

Tips pembelajaran daring dan jarak jauh agar dapat di lakukan dengan efektif :

  • Memanajemen Waktu

Yaitu dengan cara mengatur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang dibebankan guru atau dosen. membiasakan diri untuk belajar serta mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang harus ditanamkan kepada siswa yang melakukan remote learning.

  • Mempersiapkan teknologi yang di butuhkan

Murid atau mahasiswa harus mengetahui peralatan-peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. seperti komputer, telepon pintar, atau tablet menjadi penting, dan terutama juga jaringan internet yang laik.

  • Belajar dengan Serius

Penting untuk siswa berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar. Hindari segala macam yang berpotensi mengganggu proses pembelajaran. Lebih baik lagi jika menetapkan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain.

  • Menjaga Komunikasi dengan Pengajar dan Rekan-rekan Kelas

Dapat menyesuaikan diri untuk terus visibel dan berkomunikasi serta tanggap dengan pengajar atau rekan kelas lain. Bila dibutuhkan perlu juga diadakan grup khusus yang dilakukan untuk membahas tugas yang dibebankan oleh pengajar. Tidak harus dilakukan dengan tatap muka, komunikasi mesti terjalin dengan baik untuk menghindari kesalahpahaman.

Teknologi Daring ini merupakan solusi yang paling utama dalam menghambat penyebaran Virus Corona (Covid-19) yaitu dengan melakukannya di rumah, namun aktifitas tetap berjalan secara normal seperti hari-hari biasanya.

Tags: