Pentingnya Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar Dari COVID-19

Bukan rahasia lagi bahwa sekarang seluruh dunia di gencarkan dengan munculnya wabah penyakit atau virus yang di namai Serve Acute Respiratory Sydrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau  virus yang kita sebut-sebut virus Coronavirusatau virus zoonosis. SARS-CoV-2 atau Covid -19 ini adalah sebuah penyakit yang menganggu sistem pernapasann dalam tubuh manusia, bahkan sampai mengantarkan manusia pada kematian secara mendadak dan cepat. Covid-19 ini bisa menular pada siapa saja baik yang masih ibu menyusui anak-anak, lansia, orang dewasa , ibu hamil, bahkan anak yang masih bayi.

Pentingnya Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar Dari COVID-19

Covid-19 ini bisa menyerang orang-orang dengan sangat mudah dan cepat tanpa di sadari oleh orang tersebut. Pada awalnya virus ini muncul pada wilayah Wuhan, Tiongkok. Namun, pada saat ini virus ini mampu berkeliaran keseluruh dunia, salah satunya virus ini mampu masuk ke wilayah Indonesia. Karena munculnya virus inilah yang memaksa para pemerintah tinggi  baik itu di Negara Indonesia dan Negara lain membuat sebuah kebijakan lockdown secara besar-besar an di semua wilayah yang mereka kuasai sebagai salah satu upaya pencegahan agar virus Covid-19 tidak menyebar dan memusnahkan umat manusia.

Pada awalnya Corona adalah virus yang menyerang hewan saja namun, karena manusia suka makan makanan yang aneh atau ekstrim seperti kelelawar, tikus, cicak, ular, babi, trenggiling, musang,  atau binatang-binatang yang yang menjijikan. Karena kebiasaan manusia inilah yang menyebabkan virus yang ada pada hewan ini menular atau masuk dalam tubuh manusia dengan gampang. Virus ini tidak hanya menyebabkan infeksi pada sistem pernapasan yang ringan namun juga sangat infeksi pernapasan yang berat, misalnya MERS (Middle-East Respiratory Syndrome), Pneumonia, dan SARS (Serve Acute Respiratory Syndrome). Covid-19 ini dapat menular pada manusia dengan gampang misalnya kita tidak sengaja menghirup droplet (percikan air liur) yang keluar dari mulut pasien positif Corona baik itu yang masih belum parah maupun masih batuk dan pilek. Cara lainnya kita lupa belum mencuci tangan lalu kita memegang daerah hidung atau mulut, padahal sebelum itu kita pernah melakukan kontak fisik dengan penderita Coronaatau memegang barang yang sudah terkontaminasi dengan pasien.Dan kita tidak sadar berada terlalu dekat dengan pasien yang positif Covid-19, seperti berjabat tangan atau bersentuhan.

Virus ini sangat berbahaya dan efeknya sangat fatal, karena bisa menyerang siapa saja baik itu anak bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa, lansia, ibu hamil. Apalagi jika virus ini menyerang orang yang memiliki penyakit tertentu atau daya tahan tubuhnya sangat lemah atau rentan sakit maka besar kemungkinan tidak bisa di selamatkan lagi. Gejala Covid-19 ini dapat kita ketahui setelah 4 hari virus itu masuk kedalam tubuh kita, ada beberapa gejala virus Covid-19 yang wajib kita ketahui berikut ini:

  1. Pada hari pertama sampai hari ketiga awal, gejalanya tubuh kita seperti masuk angina, dan pada bagian tenggorokan kita terasa sakit tapi masih ringan, tetapi tubuh kita tidak demam dan tubuh belum merasa lelah, kita masih bisa minum dan makan seperti biasanya.
  2. Pada hari keempat, tenggorokan kita terasa sakit, dan rasanya badan ini seperti mabuk, suara kita mulai terasa serak, kepala terasa sakit, diare tapi ringan, dan suhu badan kita naik atau berkisar 36,5.
  3. Pada hari kelima, tubuh terasa lelah, persendian kita terasa nyeri, tenggorokan terasa sakit, suara serak, dan suhu badan kita berkisar 36,5 – 37,7.
  4. Pada hari keenam, badan mulai demam ringan, bantuk disertai dengan lender atau batuk kering, saat berbicara, makan atau menelan sesuatu tenggorokan terasa sangat sakit, badan terasa sangat lelah,  merasa mual, mulai kesulitan bernapas, muntah, dan diare.
  5. Pada hari ketujuh, tubuh mengalami demam berkisar 37,4 – 37,8, batuk makin parah, semua anggota tubuh terasa nyeri, kepala teraa sangat berat, bernapas seperti kambuhnya orang yang punya sakit asma, muntah banyak, diare terus-menerus.
  6. Pada hari kedelapan, demam makin naik sekitar 38 atau diatas 38, sistem pernapasan kita tidak bekerja atau sulit bernapas, setiap kita menghirup udara dada kita terasa sangat berat, batuk terus-menerus, tidak bisa banyak bicara seperti orang bisu, kepala sangat sakit,  dan nyeri pada bagian punggung dan pinggang.
  7. Pada hari kesembilan, gejala-gejala diatas tidak berubah malah makin memburuk, badan reasa lelah, lemas, tidak bisa melakukan apapun, meskipun kita sudah minum obat, tetapi tetap kondisi tubuh kita makin buruk.

Sampai saat ini para ahli kesehatan belum berhasil menemukan obat yang munjarap untuk bisa menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh Coronavirus. Pada sebagian besar virus ini termasuk dalam self-limiting disease, artinya orang yang menderita penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya tergantung pada dirinya sendiri, jika dia sangat terpukul dan merasa tidak akan bisa sembuh maka kondisinya pasti juga akan semakin memburuk bahkan berunjung kematian, tapi jika dia memiliki semangat untuk sembuh maka dia akan memiliki rasa bisa melawa virus ini tanpa rasa takut sedikitpun maka dengan kejaiban dia akan bisa sembuh. Selain itu ada beberapa hal yang dapat meredakan gejala Coronavirusyakni dengan meminum obat-obatan yang mampu meredakan rasa nyeri dan flu, mandi dengan air yang panas agar mengurangi rasa sakit di tenggorokan dan bantuk, perbanyaklah minum air putih dan perbnayak istirrahat dirumah.

Dari penjelasan itu dapat kita ketahui bahwa Corona adalah penyakit yang serius dan sangat berbahaya. Oleh karena itu kita sudah sepatutnya mencegah virus ini dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Mencuci tangan dengan sabun yang higienis dengan air yang mengalir minimal 20 detik.
  2. Sebisa mungkin menghindari daerah wabah itu terjadi.
  3. Menghindari kontak langsung dengan pasien yang terjangkit virus ini.
  4. Jangan menyentuh bagian wajah, terutama bagin mulut, hidung, mata dengan kondisi tangan yang kotor atau belum cuci tangan apalagi setelah kita berpergian keluar rumah.
  5. Bersihkan rumah anda, baik itu barang, kamar mandi, dapur, kamar terutama pada bagian rumah yang sering disentuh.
  6. Jika anda flu atau bersin dan batuk gunakan tisu dan memakailah masker jika keluar rumah.
  7. Sebisa mungkin dirumah saja.
  8. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan minum suplemen vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan vitamin lainnya.
  9. Perbanyak minum air mineral seperti zinc, selenium, dan zat besi.

Tags: