Pandemi Virus Corona Terhadap Dunia Pendidikan

Semenjak virus ini telah ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena virus ini telah menyebar ke seluruh dunia dan virus yang mematikan. Banyak sekali dampak yang terjadi di Indonesia, karena pemerintah pusat sudah membuat kebijakan untuk berada dirumah saja untuk mengurangi penyebaran virus corona atau virus covid-19 di masyarakat.

Semenjak virus ini telah ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena virus ini telah menyebar ke seluruh dunia dan virus yang mematikan. Banyak sekali dampak yang terjadi di Indonesia, karena pemerintah pusat sudah membuat kebijakan untuk berada dirumah saja untuk mengurangi penyebaran virus corona atau virus covid-19 di masyarakat.

Awal pemerintah membuat kebijakan ini berdampak bagi dunia ekonomi, yang sangat mengancam dan mengharuskan para karyawan diberhentikan dan bekerja dari rumah atau work from home. Lambat laun pandemi ini dirasakan oleh dunia pendidikan yang memberikan dampak cukup serius, pemerintah meliburkan semua aktivitas di dalam ruangan dan membatalkan Ujian Nasional 2020.

Hampir seluruh pelajar di seluruh dunia terganggu akan kegiatan belajarnya dan mengancam akan hak – hak pendidikannya di masa depan. Banyak sekali hal dirasakan oleh siswa atau mahasiswa yang belajar dirumah, para siswa mengeluh akan tugas yang terlalu banyak diberikan oleh gurunya masing – masing, tidak memiliki laptop untuk ujian pengganti yang diberika oleh sekolahan masing – masing atau tidak punya kuota internet untuk mengerjakan, sedangkan para mahasiswa yang mengeluh akan sinyal karena rumah yang jauh dari kota dan banyak kendala saat kuliah daring berlangsung.

Akan tetapi guru tersebut juga merasa kebingungan terhadap apa yang harus dilakukan saat ini, terdapat guru yang belum paham akan teknologi ada yang selalu mengasih tugas setiap hari ada juga yang memberikan hal efektif lain untuk memberikan tugas tersebut. Karena guru tidak mempersiapkan dengan matang akan hal ini dan akan terjadi wabah seperti ini.

Saat ini juga peran orang tua ataupun anggota keluarga untuk mengerti bagaimana anak tersebut ketika disekolah, meskipun agak susah tetapi berjalannya waktu pasti mereka bisa dan tau ternyata anak mereka karakternya di sekolah seperti ini.

Banyak hal yang tidak efektif terhadap pembelajaran dari rumah, tapi mau tidak mau harus menaati kebijakan yang diberikan oleh pemerintah. Banyak orang tua yang belum bisa atau merasakan kesusahan dalam mengajarkan anaknya dirumah. Masih banyak sekali hal yang belum efektif ketika para siswa dan para mahasiswa melakukan pembelajaran dari rumah.

Namun dalam pembelajaran dari rumah ini banyak disalah gunakan oleh para siswa untuk bermain game online di warnet,  ngopi di cafe, atau keluar rumah dalam hal yang tidak penting, kurangnya akan sosialisasi pemerintah dalam menegaskan bahwa virus covid-19 ini sangat mematikan dan sangat berbahaya. Maka pemerintah diharuskan menutup tempat – tempat yang dirasa akan dapat menyebarkan virus covid – 19 ini terjadi.

Tujuan dari sosialisasi tersebut adalah bukan apa – apa tetapi untuk menerapkan social distancing dapat dimengerti oleh masyarakat semua dan mereka dapat mengerti bagaimana sikap yang harus dilakukan dan akan selalu menghargai aturan social distancing.

Terdapat banyak perusahaan teknologi edukasi yang menawarkan layanan  pendidikan dan bimbingan yang gratis bagi siswa dan pelajar. Serta menawarkan paket internet gratis untuk para mahasiswa agar mereka belajar online tanpa mengelurkan biaya yaitu telkomsel 30-GB.

Dampak virus corona sangat berdampak dalam semua kegiatan yang ada disekolah maupun di perguruan tinggi. Di saat saat ini meskipun perekonomian mengalami masa masa sulit, akan tetapi dalam dunia pendidikan harus tetap berjalan agar tetap mengembangkan kualitas sumber daya manusia dan mempersiapkan generasi muda yang mampu menghadapi tantangan perekonomian di masa depan. Nurleila Rizqi Putri

Tags: