Naiknya Harga Barang Akibat Covid-19

Severse acute respiratory syndrome coronavirusatau bisa disebut dengan Corona adalah jenis virus yang bisa menyerang pada manusia. Virus bisa menyerang pada siapa saja dan tiak mengenal usia, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, lansia maupun ibu menyusui. Virus ini dikenal dengan sebutan Covid19 pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina, Pada akhir bulan Desember 2019. Virus ini sangatlah berbahaya karena cara penyebarannya sangat mudah dan cepat. Hal ini cukup membuat masyarakat seluruh dunia merasa terancam akan penyebaran virus ini.

Severse acute respiratory syndrome coronavirus atau bisa disebut dengan Corona adalah jenis virus yang bisa menyerang pada manusia. Virus bisa menyerang pada siapa saja dan tiak mengenal usia, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, lansia maupun ibu menyusui. Virus ini dikenal dengan sebutan Covid19 pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina, Pada akhir bulan Desember 2019. Virus ini sangatlah berbahaya karena cara penyebarannya sangat mudah dan cepat. Hal ini cukup membuat masyarakat seluruh dunia merasa terancam akan penyebaran virus ini.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang cara kerjanya menginfeksi sistem pernapasan. Dari yang sudah terjadi virus ini tidak hanya haya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu dan demam tinggi. Padahal virus ini juga menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti paru-pau dan mers. Gejala virus ini dapat dirasakan seperti nafas pendek, demam, batuk kering, menggigil disertai tubuh merasakan sakit, masalah pencernaan, mata merah, kehilangan bau dan rasa, kelelehan, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat. Jika kalian memiliki gejala tersebut segeralah periksakan diri kalian ke dokter agar cepat ditangani.

Virus corona ini belum ditemukan obatnya, akan tetapi para dokter memiliki beberapa langka yang dapat dilakukan untuk meredekan virus ini, yaitu merujuk penderita Covid-19 untuk menjalani perawatan dan karantina di rumah sakit, memeberikan obat untuk pereda demam dan nyeri yang sesuai dosis dan kondisi penderita, mengajurkan penderita Covid-19 untuk mengisolasi diri sediri, dan mengajurkan penderita Covid-19 untuk banyak minum air putih hangat dan ditammbah dengan garam agar kadar virusnya akan berkurang dan mati.

Selain belum ada obatnya virus ini juga belum ditemukan vaksin untuk mencegahnya. Oleh sebab itu cara pencegahan untuk mengindari tertular virus ini itu dengan cara menerapkan jaga jarak miminal 1 meter dari orang lain jika bertemu di suatu tempat atau di jalan, gunakanlah masker saat beraktivitas di luar rumah, rutin mencuci tangan dan kaki menggunakan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol 60% ketika susudah keluar rumah dan sebelum makan, jaga daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat, hindari untuk menyentuh tangan, mulut, hidung, mata sbelum mencuci tangan, tutup mulut dengan tisu ketika akan bersin, dan jangan berdekatan dengan orang yang mengalami demam. Itulah cara pencehan yang dapat dilakukan untuk mengindari tertularnya coronavirus.

Bisa dilihat saat ini coronavirus semakin membuat masyarakat resah tidak hanya di Indonesia virus ini juga membuat resah belahan dunia juga. Di saat coronavirus yang merajalela masyarkat malah memanfaatkan situasi sulit ini untuk mencari keuntungan dengan cara menjual masker dengan harga mahal. Kegiatan ini sangat merugikan bagi masyarakat apalagi saat ini masyarakat sangat membutuhkannya. Akibat dari itu banyak masyarkat yang tidak memakai masker apabila melakukan aktivitas di luar rumah. Tidak hanya itu banyak orang bahkan melakukan daur ulang masker yag telah dipakai untuk dijual kembali kembali ke konsumen. Hal itu mengakibatkan masyarakat semakin cemas akan situasi saat ini.

Kegiatan yang sangat mempehatinkan ini mengundang para artis Indonesia untuk membantu masyarakat yang kekurangan masker dengan cara membagi masker kepada masyarakat. Akan tetapi ini tidak berlangsung lama dikarenakan para artis sendiri sangat merasa kesulitan mendapatkan masker karena disebabkan harga masker yang sangat mahal. Akibat dari itu masyarakat akhirnya membuat masker sendiri dengan bahan dasar masker. Alasan kenapa menggunakan dengan masker? Karena bahannya mudah didapat dan nanti maskernya kalau sudah sering dipakai bisa digunakan kembali jadi bisa mengurangi pengeluaran dana.

Tidak hanya masker saja Han Sanitizer, antiseptik juga mengalami  kehabisan di toko atau market karena banyak yang membelinya. Hal itu dimanfaatkan lagi oleh masyarakat untuk menjual han sanitizer dengan harga mahal yang membuat warga kesusahan mencari han sanitizer dengan harga murah. Akibat dari han sanitizer mahal banyak masyarakat yang membuat han sanitizer sendiri dengan menggunakan gel lidah buaya yang dicampur dengan alkohol supaya mengemat pengeluaran.

Seharusnya masyarakat tidak menjuaal harga barang dengan mahal karena itu dapat mergikan orang banyak dan akan membuat orang kesussahan mendapatkan barang yang diperlukan. Akan lebih baik menjual barang dengan harga sewajarnya agar lebih banyak memikat pelanggan untuk membeli bukan untuk menghindar. Dan kita juga harus menjaga kesehatan agar kita tidak tertular atau terkena vcoronavirus dengan cara kita isolasi diri di rumah dan selalu menjaga pola hidup sehat dan menjemur diri di siang hari pada pukul 10.00 sampai pukul 11.00 karena sinar matahari pada jam tersebut sangat baik dan dapat membunuh virus tersebut. Reni Wulandari

Tags: