Cara Sederhana Untuk Mencegah Virus Covid 19 atau Virus Corona

Kepedulian masyarakat dalam pencegahan Virus Corona ini harus diupayakan atau dibangkitkan bahwa virus ini benar – benar bukan sembarangan virus tapi virus yang mematikan bisa terjadi kapan saja dan begitu cepat dalam penularannya serta tidak pandang bulu.

Kepedulian masyarakat dalam pencegahan Virus Corona ini harus diupayakan atau dibangkitkan bahwa virus ini benar – benar bukan sembarangan virus tapi virus yang mematikan bisa terjadi kapan saja dan begitu cepat dalam penularannya serta tidak pandang bulu.

Virus COVID – 19 atau yang dinamakan virus corona ini ditemukan di Indonesia pada awal bulan Maret 2020 lalu, dua orang yang dinyatakan terkena virus ini  yang berasal dari Depok. Penyebaran virus ini di Indonesia sangat cepat, karena pada waktu itu banyak masyarakat Indonesia menghiraukan imbauan tentang dirumah saja. Dan hingga saat ini masih belum ditemukan vaksin untuk menangkalnya.

Virus COVID – 9 atau Corana sendiri adalah virus yang berasal dari kota Wuhan, China. Virus ini disebabkan oleh hewan liar yang dijual bebas di pasar Wuhan, ada juga yang menyatakan bahwa virus ini disebabkan oleh bocornya lab. senjata milik China yang berada di Wuhan. Belum tau pasti apa yang menyebabkan virus mematikan ini menyebar luas di seluruh dunia.

Terdapat 5 cara sederhana upaya pencegahan dalam menghadapi virus ini antara lain :

  • Mencuci Tangan

Tindakan yang paling awal yang dapat dilakukan untuk mencegah virus ini adalah rajin membersihkan tangan atau mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik dan menggunakan air mengalir.

Sesudah memegang apapun kita diharuskan mencuci tangan terlebih dahulu itu merupakan tindakan yang lebih efektif untuk membunuh bakteri, kuman, dan juga virus corona ini.

  • Menghindari Memegang Wajah

Apabila tangan masih kotor dan belum mencuci tangan, hindari menyentuh wajah karena tangan menjadi perantara yang menyebabkan virus masuk kedalam tubuh.

  • Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh atau Imun

Menjaga sistem kekebalan tubuh ini bisa dilakukan dengan menjaga pola makan, memakan makanan yang bergizi, meminum vitamin, membiasakan olahraga, meminum air putih yang banyak, dan berjemur minimal 15 menit sekitar pada jam 10.00.

  • Menjaga Etika Ketika Bersin atau sedang Sakit Flu, Batuk, dan lainnya

Ketika bersin upayakan menggunakan tisu agar bisa menutup mulut dan hidungnya. Agar orang yang berada disekitar tidak akan tertular penyakit tersebut. Sehabis menggunakan tisu buang tisu tersebut bke tempat sampah dan jangan membuang sampah sembarangan.

  • Memakai Masker

Gunakan masker ketika berada diluar rumah dan ketika sakit. Karena saat ini gugus depan Covid -19 sudah menganjurkan semua masyarakat seluruh Indonesia menggunakan masker ketika keluar rumah. Masker yang digunakan adalah masker kain karena masker kain salah satu upaya kecil untuk menghidari virus corona masuk ke tubuh kita.

Upaya cara sederhana tersebut bisa kita lakukan agar menghidari tertularnya virus ini masuk kedalam tubuh kita. Jangan keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang benar benar penting, tetap dirumah, tetap jaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh, satu lagi jangan lupa berdoa kepada tuhan menurut agamanya masing – masing agar segera diselesaikan wabah virus covid – 19 ini di seluruh dunia, khusunya di Indonesia.

Tags: