Mempersiapkan Diri Menjadi Guru Yang Baik

Guru dalam pendidikan sangat berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya suatu pendidikan untuk kedepan. Pekerjaan seorang guru dapat dilakukan oleh mereka yang sudah mempersiapkan baik kemampuan maupun keahlian dalam bidang keguruan. Upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia berawal dari seorang guru. Guru yang berkualitas akan mencetak generasi yang berkualitas pula.

Sebaiknya, guru memiliki sikap dan sifat yang baik agar peserta didik yang diajarnya dapat meniru dan mencontoh perilaku-perilaku baik. Karena jaman sekarang ada guru yang hanya mentransfer ilmu didalam kelas,tetapi guru juga harus mampu memberi contoh atau teladan yang baik. Karena perilaku dan cara berpikir peserta didik banyak dipengaruhi apa yang telah diajarkan oleh gurunya.

Pada dasarnya seorang guru dituntut memiliki kemampuan dan keahlian tertentu sebagai guru yang baik, dengan itu guru harus mempersiapkan diri dengan baik agar dapat melaksanakan perannya. Guru harus mampu memberi contoh kepada peserta didiknya sesuai norma yang ada bukan hanya sekedar mengajar dan memberikan materi dikelas, karena guru merupakan teladan bagi peserta didiknya. Seorang guru juga harus memiliki pengetahuan atau ilmu yang akan diajarkan, belajar memaklumi peserta didiknya, serta belajar cara mengajarkan ilmunya sendiri. Menjadi guru yang baik sangat identik dengan peran mendidik yang harus beriringan dengan adanya kemampuan menangani perkembangan psikologi anak, guru mampu mengendalikan emosi karena peserta didik yang sedang belajar memiliki emosi yang tidak stabil.

Untuk menjadi guru yang baik guru harus menyadari kesenjangan antara apa yang diinginkan dengan apa yang ada pada dirinya, guru harus memiliki rasa malu dan rasa takut jika melakukan perbuatan yang salah yang berakibat pada masa depan peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru harus mampu menghindarkan diri dari mengajarkan materi yang salah. Guru yang terus meningkatkan kemampuan dirinya akan menjadi guru berkemampuan yang lebih baik.

Begitu banyak yang harus diemban oleh seorang guru. Dengan peran yang sangat berat untuk dipikul di pundak guru hendaknya tidak menjadikan calon guru mundur dari tugas mulia tersebut. Jika ada salah satu dari sekian banyak akibat ketika tidak terlaksananya peran guru secara maksimal. Hal itu berarti tugas guru sebagai pendidik belum  maksimal. Tugas mengajar mungkin sudah terlaksana dengan baik, tapi bagaimana dengan tugas mendidik? Karena itu, beberapa peran dan tugas guru di atas merupakan sebuah keharusan untuk diterapkan.

Semua orang bisa menjadi guru, tetapi untuk menjadi guru yang memiliki keahlian dalam mendidik perlu pelatihan dan latar belakang pendidikan keguruan yang memadai. Maka dari itu perlunya mempersiapkan diri menjadi guru yang baik karena guru adalah guru dari semua guru. 

Tags: