Diskiriminatif Gender dalam Kehidupan Masa Kini

Dalam kehidupan, Allah telah menciptakan makhluk yang sangat beragam dari yang tak tampak hingga yang tampak dan salah satunya adalah manusia (laki-laki dan perempuan), dan pada sejarah peradaban manusia, persoalan ketidakadilan sosial yang umumnya hanya menimpa kaum perempuan. Perempuan yang hanya semata-mata di pandang rendah, yang hanya diposisikan pada peran domestik dan reproduksi seakan-akan sangat menghambat kemajuan mereka dalam menggeluti dunia publik dan produksi. 

Gender adalah penggolongan individu berdasarkan keadaan sosial budaya di dalam sebuah masyarakat. dan bentukannya telah ada sejak lahir, dan lama kelamaan terbentuk melalui sosialisasi serta interaksi yang sudah ada dan yang akan dilakukan. Tetapi, gender merupakan sesuatu yang dapat diubah dan bersifat dinamis, yang dimaksud dinamis, karena akan sangat dipengaruhi oleh kontruksi atau hormon sosial seoseorang. 

Feminisme adalah istilah yang sering kita dengar dan hal tersebut telah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Feminisme juga selalu dikaitkan dengan isu gender yang selalu menjadi perdebatan tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Dalam isu tersebut perempuan selalu menjadi kaum yang lemah di dunia (Peterson dan Runyan dalam pengantar studi Hubungan Internasional, 2005:331). Seperti dalam dunia politik, dalam suatu parlemen sangat sedikit dibandingkan dengan laki-laki

Setiap hari pemikiran manusia semakin berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi dan kemajuan ilmu pengetahuan, tetapi dari dampak baik yang ada, masih banyak terdapat dampak buruk yang disebabkan oleh beragamnya pemikiran tentang harusnya membedakan individu berdasarkan gendernya. Hal tersebut memang kerap ditentukan oleh budaya yang masih dibawa oleh setiap individu dan menjadi sterotip dalam masyarakat, melalui proses sosialisasi. Kerap sekali di dunia luar perempuan harus memilih padahal dengan kontribusi mereka, dapat menuai tujuan yang baik. 

Perempuan yang berkontribusi lewat berbagai bidang dan cara pun sering kali mereka mendapatkan hambatan bahkan celaan harian. Sedangkan sebagai perempuan sekedar membuat pilihan saja sudah menantang jiwa kita sendiri walaupun kita memiliki tujuan mulia. Tidak jarang pula dampak celaan itu menganggap diri mereka benar-benar rendah. Karena penelitian menunjukkan sukses berkorelasi postif untuk laki-laki, namun kerap kali membuat konsekuensi negatif bagi perempuan. Sering kali ambisi yang perempuan miliki bertentangan dengan tradisi. 

Banyak yang harus diperbaiki, namun kita harus memulai dengan diri sendiri. Tidak ada yang tau tentang diri kita sendiri selain kita bukan?. Harga diri kita tidak ditentukan oleh orang lain melainkan berasal dari pengenalan atas diri sendiri, tahu kekuatan dan kekurangan kita sendiri. Dan yang terpenting paham apa yang dikejar dan yang direalisasikan. Definisi kepercayaan diri adalah mengetahui impian masing-masing perempuan. Perempuan harus saling berpegang tangan bukan malah saling menjatuhkan, mungkin kita melihat hidup sebagai ajang kompetisi.Karena perempuan punya keterbatasan ruang yang didominasi laki-laki. Padahal menjadi positif bukan tanda kita lemah, mendukung mereka yang berhasil bukan berarti mengakui kegagalan. Mari bicarakan pencapaian rekan kita, mengapa itu perlu? karena jika laki-laki dipromosikan karena potensinya, perempuan hanya berdasar performa yang sudah dibuktikannya. Tunjukkan rasa empati dan kemurahan hati, jauhi kecemburuan, menghindari runcingnya perasaan bersalah yang kerap mendera perempuan. 

Bahwasannya feminisme berakar dari sebuah kesadaran yang timbul sebagai akibat dari penindasan yanng dialami kaum perempuan. mulai dari perjuangan menuntut akan sebuah hak yang seharusnya mereka terima, yakni dengan diperlakukan secara kodrati sebagai wanita. kepercayaan pada zaman dahulu yang memandang kaum laki-laki yang berkedudukan lebih tinggi dari perempuan bebas melakukan intimidasi sekarang sudah mulai terhapuskan. sedangkan dengan adanya feminisme kaum wanita lebih terangkat harkat dan martabat mereka, dan memberikan sebuah pengaruh besar pada kemajuan wanita. wanita sekarang mempunyai hak seperti hak nya kaum laki-laki dalam berbagai bidang, pendidikan, ekonomi, dan juga status sosial mereka telah diakui.

Tags: