Upaya Menjaga Kebersihan dan Stay Healthy Dalam Penyebaran Virus Covid 19

Penyakit virus Covid 19 awal mulanya berasal dari Wuhan pada akhir tahun. Kini penyebaran virus tersebut sudah meluas didunia. Pada pemantauan untuk penyebaran virus Covid  19 di negara Indonesia mencatat sebanyak 13.645 Orang per tanggal 09 Mei 2020. Jumlah kematian mencapai lebih dari 959 Orang. Mengingat penyebaran virus Covid  19 merebak agar tidak tertular dengan menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan sekitar. Virus Covid 19 dapat menyebar secara tidak langung melalui benda  akibat percikan atau sentuhan tangan orang tercemar virus.

Organ pernapasan manusia menjadi target utama infeksi virus Covid  19. Pasien yang terjangkit mengalami banyak gejala yaitu demam, batuk kering, merasa lelah. Banyak cara yang sudah dilakukan untuk mematikan virus Covid 19. Pertama, menyemprotkan desinfektan ke permukaan benda yang berpotensi tertempel virus Covid – 19. Kedua, membersihkan permukaan benda menggunakan sabun pada saat mandi dan cuci tangan. Banyak cara yang di lakukan selain cara tersebut ada juga cara untuk menjaga kesehatan tubuh dari diri sendiri dan tempat umum. Diantaranya :

  • Mencuci Tangan Setiap Selesai Melakukan Kegiatan.

Salah satu cara stay healthy saat virus Covid 19 paling efektif untuk pencegahan atau penularan virus ini. Cara memcuci tangan yang benar dengan cara meratakan sampai sela – sela jari dan kuku. Tidak lupa pula setelah mencuci tangan juga menggunakan heandsanitizer.

  • Stop Sentuh Wajah !

Hal sepele banyak yang tidak sengaja dilakukan oleh banyak orang. WHO mengatakan virus Covid 19 masuk ke tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu, cara stay healthy saat virus Covid 19 dengan cara latihan per menit tidak menyentuh area wajah meskipun sudah cuci tangan.

  • Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Minum vitamin bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna untuk mencegah paparan virus Covid 19. Banyak minum air putih dan juga menkonsumsi Vitamin C karena unuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

  • Menjaga Kebersihan Lingkungan

Salah satu cara diantaranya adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar contohnya di rumah. Gunakan disenfektan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh seperti gagang pintu, sakelar lampu dan lainnya. Cara membuat cairan disenfektan sangat mudah. Gunakan air  dan sabun secukupnya atau cairan yang mengandung alkohol.

Pada saat di tempat umum kita juga harus menjaga kebersihan dan stay healthy. Berikut ini cara stay healthy menjaga kesehatan tubuh untuk terhindar dari virus Covid 19  pada saat di tempat umum :

  1. Tidak Melakukan Kontak Fisik

Hindari bersalaman dengan berjabat tangan oleh orang lain , namun diganti dengan salam Namaste.

  • Melakukan Social Distancing

Pada tempat umum kita harus juga menjaga jarak dengan orang lain saat beraktivitas bersama. Jarak tersebut minimal 1 meter untuk menghindari percikan air yang bisa menyebar dari mulut,

  • Menghindari Transportasi Umum

Pada saat kita berpergian kita usahakan tidak mengendarai transportasi umum. Karena transportasi umum banyak orang saling berbaur sesama penumpang saling berdesakan sehingga rawan penularan virus Covid 19.

Untuk mengingat virus Covid 19 adalah virus yang menyebabkan banyak kematian sehingga kita harus menghindari dengan kegiatan – kegiatan yang sudah dianjurkan untuk memutus rantai penularan virus Covid 19. Rubbiatul Adawiyah

Tags: