Hidup Bersih, Cerminan Pribadi

Hidup bersih merupakan cita – cita bagi seluruh umat. Namun kenyataannya, untuk menciptakan kehidupan yang bersih,rapi, dan nyaman itu tidak mudah, tetapi tidak sulit juga sebenarnya, tergantung bagaimana niat dan usaha kita. Menjaga lingkungan agar tetap bersih sangatlah penting terutama untuk menjaga diri kita agar tetap sehat dan mengurangi resiko terserang penyakit. Dan perlu kita ketahui juga bahwa kebersihan adalah cerminan hidup seseorang.

Hidup bersih dapat kita mulai dari diri kita sendiri, dengan membersihkan diri secara menyeluruh seperti mandi, sikat gigi, cuci tangan dengan sabun, kita juga harus sering ganti dan mencuci pakaian, dan masih banyak kegiatan laiannya yang harus kita lakukan agar hidup kita bersih. Di zaman seperti ini terkadang kita dapati bahwa karena kesibukan, kita kurang memperhatikan masalah kebersihan diri kita sendiri apalagi kebersihan lingkungan sekitar. Makadari itu sesibuk apapun kita sempatkanlah untuk bersih diri. Karena hidup bersih berawal dari diri sendiri, jika diri kita sudah bersih, baru kita bisa menerapkannya ke lingkungan sekitar.

Seiring dengan majunya teknologi dari segala bidang, maka tingkat kesadaran masyarakat untuk mencapai lingkungan yang bersih seharusnya meningkat. Kita dapat membaca beberapa informasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dari berbagai sember melalui media online maupun cetak. Tetapi zaman seperti sekarang ini masih ada saja orang yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar, masih banyak kita jumpai budaya membuang sampah sembarangan, sehingga lingkungan tercemar dan tidak sehat. Kalau keadaan sudah seperti ini siapa juga yang rugi, pasti kita. Apa salahnya jika masyarakat sekitar berinisiatif untuk gotong royong membersihkan lingkungan sekitar, entah itu seminggu sekali atau dua kali yang penting ada upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sejuk, dan asri.

Jadi lingkungan yang bersih dan sehat akan membuat para penghuninya nyaman dan betah. Kondisi lingkungan seperti ini juga akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit dan pastinya kesehatan tubuh juga akan terjaga dengan baik. Selain itu kualitas udara juga akan meningkat, sebab dengan bersihnya lingkungan, tidak ada lagi polusi udara yang menyebabkan kualitas udara di lingkungan tersebut menurun. Makadari itu, kita sebagai umat yang baik, mari tanamkan rasa peduli terhadap kebersihan baik diri sendiri maupun lingkungan. Jika sudah bersih kan yang merasakan manfaatnya juga kita sendiri.

Tags: