Saatnya Rajin Mencuci Tangan

Dalam perlunya menjaga kesehatan tubuh kita dapat diawali dengan hal-hal yang mudah dan sederhana. Misalnya mencuci tangan. Maka dari sekarang jadikanlah rajin mencuci tangan sebagai salah satu bagian dari gaya hidup kamu.

Dimana tentunya beberapa hal yang harus kamu ketahui bahwa tangan merupakan bagian organ tubuh yang sangat vital dan dapat dipergunakan sebagai penunjang berbagai aktivitas yang kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain dengan tangan ada beberapa hal inilah yang membuat terciptanya berbagai karya yang indah. Namun, di samping hal itu ada hal yang harus dipahami betul bahwa dari tangan juga berbagai jenis penyakit muncul dan dapat menular. Tanggal 15 Oktober negara di dunia memperingatinya sebagai hari cuci tangan sedunia. Karena dari cuci tangan kebiasaan kita dalam hidup bersih bisa dimulai dan di lakukan dari sekarang.

Beberapa dari orang kini seringkai hanya mencuci tangan jika terlihat ada kotoran yang menempel. Padahal pada dasarnya tangan terlihat bersih belum tentu menjamin bebas kuman. Sering kali kita memegang gagang pintu rumah, memegang tangga, pegangan di bis, bolak balik memegang majalah atau koran, dan buka pintu toilet.

Oleh karena itu, tanpa kita disadari dimana sebuah aktivitas yang sering kita lakukan sehari-hari yaitu membuat tangan kita selalu terkena / bersentuhan secara langsung dengan beberapa benda, contohnya seperti pulpen jika kita sedang menulis , lalu keyboard komputer jika kita mau mengerjakan tugas, bahkan yang paling sering kita lakukan yaitu gagang pintu rumah dan pintu lainnya. Namun hal itu tidak pernah kita ketahui dan kita rasakan, apakah di semua benda yang kita pegang merupakan benda yang sudah bebas dari berbagai virus dan kuman?

Nah, oleh karena itu untuk mencegah bakteri atau virus yang sudah masuk dan berpindah ke dalam tubuh kita dengan melalui tangan kita, alangkah baiknya jika kita selalu mencuci tangan setiap hari, terutama pada saat kita sebelum dan sesudah makan.

Pada akhir-akhir dengan marak adanya berbagai virus yang baru belakangan ini, kita harus selalu rajin mencuci tangan karena rasa bisa kita jadikan sebagai salah satu senjata dasar untuk mengatasinya.

Manfaat dari rajin mencuci tangan khususnya dalam bidang kesehatan sudah sangat diakui oleh orang sekitar. Namun kenyataannya masih banyak terdapat orang yang sulit melakukannya alasannya karena lupa.

Padahal, biasanya dengan seiring kita sedang melakukan segala aktivitas yang mana aktivitas itu memang melibatkan tangan, sehingga pada akhirnya tangan kita pun akan dipenuhi dengan berbagai kuman, bakteri, dan virus yang pada nantinya akan memasuki tubuh kita dan kita baru menyadari akan hal itu.

Karena, kuman dapat memasuki tubuh manusia tidak hanya melalui mulut saja, melainkan juga bisa melalui mata dan hidung.

Berbagai jenis penyakit infeksi pada umumnya dapat menyebar dan menular dengan melalui kontak tangan satu ke tangan yang lain. Contohnya seperti kita demam biasa, flu dan batuk serta sejumlah penyakit lainnya yang terjadi di salah satu sistem pencernaan kita seperti diare.

Selain itu yang paling penting adalah ketika kita sedang membuang, menangani dan membersihkan sampah dan tong sampah. Karena kuman dan virus di sampah lebih cepat memasuki tubuh kita. Dengan itu seharusnya kita selalu mengawali rutinitas seperti minum, belajar, makan, bekerja diupayakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sampai bersih dan di sarankan menggunakan sabun hal ini guna untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang anak.

Maka untuk itu, kita sebagai manusia yang selalu menginginkan hidup bersih dan terhindar dari penyakit kita harus mengupayakan untuk selalu membiasakan mencuci tangan dan mengajarkannya pada anak kita nantinya sejak dini. Shella Dina Aprilliyah

Tags: