Rendahnya Minat Baca Pada Anak

Pada era globalisasi seperti saat ini, banyak sekali dampak yang dihasilkan apalagi ditengah pendemi corona ini. Apalagi yang marak terjadi pada kehidupan manusia yaitu kurangnya ilmu pengetahuan dalam menyaring suatu informasi yang ada. Kita harus memiliki ilmu pengetahuan yang cukup untuk mengatasi ini semua, karena kita adalah generasi muda Indonesia. Cara mudah menanggulanginya yaitu dengan banyak membaca. Membaca adalah sebuah aktifitas yang sudah turun menurun bagi masyarakat Indonesia.

Dengan membaca kemampuan nalar dan berfikir manusia akan semakin berkembang, ilmu pengetahuan pun akan semakin bertambah dan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama di era ini. Informasi yang belum pernah kita tahu sebelumnya pun bisa kita dapatkan jika banyak membaca. Jika seseorang banyak membaca buku, lama-kelamaan dia akan senang terhadap semua buku bacaan dan dari sinilah minat baca mulai tumbuh. Namun kenyataanya, pada saat ini minat baca pada masyarakat Indonesia begitu rendah, terutama pada anak-anak.

Sungguh banyak sekali faktor penyebab rendahnya minat dan motivasi untuk membaca bagi anak. Yang pertama yaitu lingkungan keluarga, bila lingkungan keluarga tidak pernah membiasakan budaya membaca, bagaimana keluarga bisa menanamkan budaya membaca kepada anak-anak. Yang kedua yaitu kurangnya motivasi, masih banyak orang yang menganggap membaca adalah hal yang tak terlalu penting sehingga kurang mempunyai kesadaran serta motivasi untuk rajin membaca.

Selain itu, berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi turut andil menjadi penyebab rendahnya minat baca. Dengan berkembangnya teknologi, anak lebih memilih asyik bermain games daripada membaca. Sungguh miris melihat hal tersebut, anak sebagai penentu masa depan bangsa yang seharusnya memiliki minat baca yang tinggi lebih memilih bermain gadgetnya yang memberikan kesenangan sesaat saja daripada buku yang memberikan manfaat selamanya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan membaca itu sangat penting dilakukan bagi siapapun, tidak melihat orang itu telah dewasa atau masih anak-anak. Karena banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari kegiatan ini. Maka dari itu, marilah kita biasakan budaya gemar membaca sedini mungkin agar menjadi generasi muda yang berkualitas bagi bangsa dan negara. Furqan Najib.

Tags: