Prinsip Pengembangan Media Berbasis Lingkungan

Dalam proses pembelajaran berbasis lingkungan memiliki beberapa berbasis lingkungan:

Prinsip Pengembangan Media Berbasis Lingkungan
  • Berpusat pada perkembangan anak

Kebehasilan pendidikan dapat diukur pada sejauh mana anak dapat mengembangkan, mengidentifikasi, dan mengoptimalkan potensi anak sesuai dengan karakteristik pengembangan. Oleh karena itu keberhasilan proses pembelajaran berbasis lingkungan terletak pada peningkatan optimalisasi seluruh potensi perkembangan anak dengan menjadikan lingkungan menjadi sumber belajar.

  • Membangun kemandirian anak

Dalam keseharian anak diharapkan dapat membangun dan mengembangkan kemampuan kedisiplinan, dan sosialisasi agar terbentuk karakter kemandirian yang kuat. Dalam proses pembelajaran berbasis lingkungan, anak akan dihadapkan persoalan kehidupan, sehingga anak dapat berusaha memecahkan persoalan baik secara individu maupun berkelompok

.

  • Belajar dan bermain dari lingkungan sekitar

Melalui bermain, pembelajaran yang dialami anak akan menjadi lebih menarik, dan menyenangkan.

  • Pembelajaran menggunakan pendekatan tematik

Pembelajaran menggunakan tema adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang didaarkanatas ide-ide pokok tentang anak dan lingkungan.. Malalui pembelajaran tema dapat memberikan pengalaman langsung tentang ojek yang riil bagi anak untuk menumbuhkan cara berfikir yang komprehensif.

  • Membagun kebiasaan berpikir ilmiah sejak dini.

Memperkenalkan dan membiasakan anak untuk menemukan berbagai permasalahan yang ada dilingkungannya dan berfikir untuk menemukan solusinya.

  • Pembelajaran aktif, inspiratif, menarik, kreatif dan inovatif

 Pembelajaran disipakan untuk membangun rasa ingin tahu anak, memotivasi anak untuk berfikir kritis dan menemukan hal-hal yang baru.

Tags: