Pengelompokan media pembelajaran

Dalam media pembelajaran tidak hanya terdapat satu saja namun jika kita kelompokkan media pembelajaran terbagia menjadi tiga kelompok berikut ini beberapa penjelasannya.

Pengelompokan media pembelajaran
  1. Kelompok pertama
  2. Media grafis

Media grafis adalah suatu media yang dapat kita lihat untuk menyampaikan suatu informasi melalui suatu kata-kata, kalimat, angka, simbol atau gambar. Dalam grafis biasanya dugunakan untuk memperjelas sajian ide serta mampu mengilustrasikan fakta agar terlihat menarik di hadapan audience.[1] Berikut ini apa saja yang termasuk dalam media grafis, antara lain

  1. Grafik adalah suatu penyajian informasi yang dapat kita sajikan dalam bentuk angka, garis, dan simbol.
  2. Diagram adalah suatu penyajian data yang di sajikan berupa bentuk diagram.
  3. Bagan adalah media yang berisi suatu gambar beserta keterangannya untuk menyampaikan sebuah informasi,
  4. Sketsa adalah suatu proses dasaran menggambar sebelum menjadi sebuah lukisan.
  5. Poster adalah sebuah gambar dan tulisan untuk menyampaikan maksud tertentu kepada seseorang.
  6. Papan flanel adalah papan yang berlapis kain flanel yang berfungsi untuk menyajikan data kepada audience.
  7. Bulletin board adalah papan yang dapat kita tempel kertas berisikan suatu informasi.
  • Media bahan cetak

Media bahan cetak adalah media yang dapat kita lihat untuk menyampaikan serta dalam pembuatannya melalui proses pencetakan.

Berikut ini beberapa jenis media bahan cetak

  1. Buku teks suatu kumpulan lembaran kertas yang berisi ilmu untuk tertentu untuk menyampaikan informasi kepada peserta didiknya.
  2. Modul merupakan suatu paket program yang disusun dalam bentuk satuan tertentu dan didesain sedemikian rupa guna kepentingan belajar siswa.
  3. Bahan pengajar terprogram merupakan paket program pengajaran individual. Hal ini hampir sama dengan modul namun yang membuat perbedaan yaitu disusun secara terperinci tiap babnya.
  4. Media gambar diam

Media gambar diam yaitu suatu media yang dapat kita lihat berupa gambar. Salah satu jenis media gambar diam adalah foto.

  • Kelompok ke dua
  • Media proyeksi diam

Media proyeksi diam adalah media visual yang di proyeksikan atau media yang memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksinya tidak bergerak atua memiliki sedikit unsur gerakan.

Jenis media ini diantaranya : OHP/OHT,Opaque projector,slide,dan film-strip.

1.Media OHP DAN OHT

OHT ( Overhead Transparency) adalah media visual yang di proyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP (Overhead Projector).OHT terbuat dari bahan transparan yang biasanya berukuran 8,5X11 inci.

      Ada tiga jenis bahan yang dapat digunakan sebagai OHT, yaitu

  1. Write on film (plastik transparansi) yaitu suatu jenis transparansi yang dapat kita tulis atau gambar secara langsung dengan menggunakan spidol.
  2. PPC transparency film (PPC= Plain Paper Copier) merupakan jenis transparansi yang dapat kita beri tulisan atau gambar dengan menggunakan mesin photocopy.
  3. Infrared transparency film merupkan jenis tranparansi yang dapat kita beri sebuah tulisan atau gambar menggunakan mesin thermofax.

OHP (overhead projector) adalah media yang dapat kita gunakan untuk memproyeksikan program program transparansi pada sebuah layar. Biasanya alat ini digunakan untuk menggantikan papan tulis. Berikut ini beberapa jenis model OHP

  1. OHP classroom, yaitu OHP yang dirancang secara permanen untuk disimpan di suatu kelas atau ruangan. Biasanya memiliki bobot yang berat dibandingkan dengan OHP jenis portable
  2. OHP portable yaitu OHP yang dirancang agar mudah dibawa kemana-mana, sehingga bobotnya lebih ringkas.
  • Kelompok ke tiga

Media audio adalah media yanga penyampaian pesannya hanya dapat diterima oleh indera pendengaran. Pesan atau informasi yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang-lambang auditif, musik, serta sound effect.

Berikut ini salah satu jenis media audio adalah

  1. Media radio

Radio adalah media audio yang menyampaikan pesanya melalui pencaran gelombang elektromagnetik dari suatu pemancaran. Pemberi pesan secara langsung dapat mengkomunikasikan pesan atau informasi melalui suatu alat yang kemudian diolah dan dipancarkan ke segenap penjuru melalui gelombang elektromaghnetik

  • Media alat perekam pita magnetik

Alat perekam pita magnetik atau tape recorder adalah media yang menyajikan pesanya melalui proses perekam kaset audio.

  • Kelompok ke empat

Film  (motion pictures)

Film disebut juga sebagai gambar hidup (motion pictures), merupakan serangkaian gambar diam yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak.


Tags: