Dasar Pemilihan Media Pembelajaran

Banyak penelitian diadakan mengenai media pembelajaran yang paling sesuai. Salah satunya adalah Winkel yang berpendapat bahwa pemilihan media dalam pembelajaran harus melihat kesesuaiannya dengan hal berikut:

Dasar Pemilihan Media Pembelajaran
  • Tujuan instruksional khusus
  • Materi yang diajarkan
  • Mempertimbangkan soal biaya (cost factor)
  • Ketersediaan peralatan
  • Waktu dan ruang kelas yang dibutuhkan
  • Kemampuan guru untuk menggunakan media (technical know-how)

Media pembelajaran lebih identik dengan guru, karena media merupakan komponen utama dalam pembelajaran. Selain itu, tujuan dan metode pembelajaran harus sudah dirancang oleh seorang guru menggunakan media yang sesuai. Proses pemilihan media dalam pembelajaran lebih penting karena akan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran.

Pentingnya pemilihan media dengan melihat kedudukan dapat kita lihat dengan model system pembelajaran yang dikemukakan oleh gerlach da nelly sebagai berikut:

Menurut Gerlach dan Elly tujuan Pertama,adalah Instruksional sebagai hasil rumusan tingkah laku yang harus dimiliki oleh siswa setelah selesai mengikuti pembelajaran. Kedua, di perjelas materi pembelajaran untuk dapat membantu pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

Tujuan, isi dan entery behavior level adalah dasar untuk menetapkan komponn pembelajaran lainnya. Yaitu menentukan strategi yang seuai dengan karakteristik tujuan atau materi untuk mengatur dan mengelompokkan siswa. Penentuan media yang digunakan nanti akan menentukan siswa seberapa paham siswa mampu menguasai materi atau pelajaran sesuai tujuan.

Media apa yang cocok, apakah media cetak atau media elektronik. Semua kegiatan pembelajaran nanti akan di akhiri dengan penilaian yang disesuaikan dengan tujuan yang di tetapkan, dari penilaian ini guru dpat menentukan umpan balik ubtuk melakukan evaluasi rencana pembelajaran.

Dengan demikian secara teoritis model system pembelajaran Gerlach dan Elly menempatkan  komponen media dan model tersebut menjadi dasar alas an mengapa kita perlu melakukan pemilihan dasar media agar sesuai dengan tujuan, isi, strategi dan aktu yang tersedia.

Jenis-jenis media yang dapat dipilih dalam pembelajaran yaitu: media visual yang tidak diproyeksikan, media visual yang di proyeksikan, media audio dan multimedia. Tujuan media secara umum adalah: untuk memperjelas pesan yang diampaikan agar bersifat jelas dan untuk mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan tenaga.

Tags: