Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan oleh dua komponen utama yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Pemilihan dan penggunaan salah satu metode mengajar tertentu mempunyai konsekuensi pada penggunaan jenis media pembelajaran yang sesuai. Fungsi media dalam proses belajar adalah untuk meningkatkan rangsangan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Media dalam proses pembelajaran diartikan sebagai bentuk peralatan fisik komunikasi berupa hardwaredan softwareyang berarti bagian kecil dari teknologi pembelajaran yang harus diciptakan atau dikembangkan, digunakan, dan dikelola untuk kebutuhan pembelajaran dalam mencapai efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran (Arsyad, 2014, pp. 7-8).

Dalam memilih media pembelajaran hendaknya tidak sembarangan, tetapi didasarkan atas kriteria-kriteria tertentu. Kesalahan dalam memilih jenis media maupun pemilihan topik yang dimediakan akan berakibat yang tidak diinginkan di kemudian hari. Secara umum, kriteria-kriteria yang harus dipertimbangkan dalam memilih media pembelajaran adalah sebagai berikut:

  • Tujuan penggunaan

Dalam hal ini memuat standar kompetensi dan kompetensi dasar apa saja yang ingin dicapai. Termasuk dalam ranah kognitif, afektif, psikomotor, atau kombinasinya. Jenis rangsangan indra apa saja yang ditekankan. Dan juga jenis-jenis media apa yang digunakan.

  • Sasaran pengguna media

Dalam hal ini guru harus mengetahui sasaran didik yang akan menggunakan media, karakteristik mereka, berapa jumlahnya, bagaimana latar belakang sosialnya, bagaimana motivasi dan minat belajarnya.

  • Karakteristik media

Dalam hal ini guru harus mengetahui kelebihan dan kelemahan karakteristik media tersebut. Menyesuaikan media yang dipilih tersebut berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Kita tidak akan dapat memilih media dengan baik jika tidak mengenal dengan baik karakteristik masing-masing media. Jadi, sebelum menentukan jenis media, guru harus memahami dengan baik bagaimana karakteristik media tersebut.

  • Waktu

Waktu dalam hal ini adalah seberapa lama waktu yang diperlukan untuk mengadakan atau membuat media yang dipilih. Tidak ada gunanya memilih media yang baik tetapi tidak cukup waktu untuk mengadakan atau membuatnya. Dan jangan sampai pula media yang telah di buat dengan menyita banyak waktu tetapi pada saat digunakan dalam   pembelajaran ternyata kekurangan waktu.

  • Biaya

Penggunaan media pada dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Apa artinya jika menggunakan media justru berakibat pemborosan. Oleh karena itu faktor biaya perlu dipertimbangkan. Media yang mahal juga belum tentu lebih efektif mencapai tujuan pembelajaran dibandingkan media sederhana dan murah.

  • Ketersediaan

Media yang dibutuhkan tersebut tersedia di sekitar baik di sekolah maupun di pasaran. Jika ingin membuatnya sendiri harus ada kemampuan, waktu, tenaga, dan sarana untuk membuatnya. Serta tersedianya sarana yang diperlukan untuk menyajikannya di kelas. Lingkungan juga dapat digunakan sebagai sumber belajar. Siswa tidak perlu harus pergi jauh dengan biaya yang mahal, lingkungan yang  berdekatan dengan sekolah pun dapat dioptimalkan menjadi sumber belajar yang sangat bernilai bagi kepentingan siswa.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan sumber belajar yang ditetapkan oleh Romiszowski, yaitu:

  1. Metode pembelajaran yang digunakan
  2. Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
  3. Karakteristik pembelajaran
  4. Aspek kepraktisan dalam hal biaya dan waktu
  5. Faktor terkait dalam penggunaannya

Tags: