Pengertian Ide dan Strategi Manajemen

Ide atau gagasan merupakan rancangan yang tersusun dari hasil pemikiran. Biasanya ide muncul ketika seseorang menggelisahkan tentang suatu hal yang dirasa belum maksimal dan kemudian berusaha untuk mencarikan jawaban untuk memperbaiki serta memaksimalkannya.

Pengertian Ide dan Strategi Manajemen

Sedangkan yang dimaksud dengan strategi adalah penentuan cara terbaik untuk mencapai tujuan.[1], setelah ditemukannya ide atau gagasan maka diperlukan cara untuk mencapai tujuan dari ide tersebut, cara tersebutlah yang  disebut dengan strategi.

Menurut Siagian (1978) menyebutkan manajemen adalah kemampuan dan ketrampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.[2] Sedikit di ulas kembali  pengertian tentang manajemen, manajemen ialah suatu proses yang khas terdiri atas tindakan-tindakan berupa perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengendalian yang dilaksanakan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran atau tujuan yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. Dapat juga diartikan manajemen adalah proses pengkoordinasian dan pengintegrasian semua sumber daya untuk mencapai tujuan yang ditentukan.[3]

Manajemen Madrasah Ibtidaiyah berarti tindakan-tindakan berupa perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilaksanakan untuk mencapai sasaran-sasaran atau tujuan dari Madrasah Ibtidaiyah, dan dalam pencapaian manajemen yang maksimal, maka diperlukan ide-ide dan strategi yang jitu untuk mencapai tujuan tersebut.

Produktifitas dalam dunia pendidikan berkaitan dengan keseluruhan proses perencanaan, penataan dan pendayagunaan sumber daya yang ada untuk merealisasikan tujuan pendidikan yang efektif dan efisien.[4]

Yang dimaksud dengan efektif dan efisien adalah seperti berikut:

  1. Efektif
  2. Prestasi
  3. Input yang merata sebagai realisasi prinsip demokrasi pendidikan
  4. Keluarga yang banyak, bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan
  5. Nilai ekonomi yang baik bagi keluaran, khususnya tamatan
  6. Proses
  7. Menggairahkan dan memberi motivasi belajar
  8. Semangat dan disiplin kerja yang tinggi kepada tenaga pendidik.
  9. Memilih tingkat kepercayaan
  10. Efisien

Menggunakan fasilitas tenaga, dana, dan waktu seminimal mungkin dengan hasil yang baik.

Jadi maksud dari tujuan yang efektif dan efisien adalah seperti di atas, tujuan dari Madrasah Ibtidaiyah akan tercapai dengan cara memaksimalkan kinerja segala komponen dari manajemen Madrasah Ibtidaiyah dengan baik.


[1] Junaidi, Desain Pengembangan Mutu Madrasah(Yogyakarta: Teras, 2011). Hlm. 11

[2] Marno, Triyo Supriyanto, Manajemen kepemimpinan pendidikan, (Bandung: Retika Aditama, 2008), hlm. 1

[3] Jaja Jahari,  Amirulloh Syarbini, Manajemen Madrasah teori, strategi, dan implementasi, (Bandung: Alfabeta, 2013), hlm.2.

[4] Jaja Jahari, Amirulloh Syarbini, Manajemen Madrasah teori, strategi, dan implementas…, hlm. 48.

Tags: