Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran AUD

  • Whatsapp
Evaluasi tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki satu aspek pembelajaran saja melainkan seluruh aspek yang ada dalam pembelajaran. Tujuan utama dari suatu kegiatan evaluasi adalah untuk membuat keputusan. Menurut Rukajat (2018) Tujuan evaluasi dalam kaitannya dengan belajar mengajar di antaranya adalah:
  1. Menilai ketercapaian tujuan. Ada keterkaitan antara tujuan belajar, metode evaluasi, dan cara belajar siswa. Cara evaluasi biasanya akan menentukan cara belajar siswa, sebaliknya tujuan evaluasi akan menentukan metode evaluasi yang digunakan oleh seorang guru.
  2. Mengukur macam-macam aspek belajar yang bervariasi
  3. Sebagai sarana untuk mengetahui apa yang ingin siswa ketahui
  4. Memotivasi belajar siswa. Evaluasi juga dapat memotivasi belajar siswa
  5. Menyediakan informasi untuk tujuan bimbingan dan konseling
  6. Menjadikan evaluasi sebagai dasar perubahan kurikulum
Dengan evaluasi guru dapat mempertimbangkan keputusan-keputusan mengenai metode dan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Di samping tujuan, menurut Rukajat (2018) evaluasi memiliki fungsi yang bervariasi di dalam proses belajar mengajar yaitu sebagai berikut:
  1. Sebagai alat guna mengetahui apakah peserta didik telah menguasai pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan yang telah diberikan seorang guru
  2. Untuk mengetahui aspek-aspek kelemahan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar
  3. Mengetahui tingkat ketercapaian siswa dalam kegiatan belajar
  4. Sebagai sarana umpan balik bagi seorang guru yang bersumber dari siswa
  5. Sebagai alat untuk mengetahui perkembangan belajar
  6. Sebagai materi utama laporan hasil belajar kepada para orang tua siswa[1]
Sehingga dapat disimpulkan bahwa fungsi evaluasi pembelajaran PAUD bagi anak, yakni sebagai alat untuk meningkatkan seluruh aspek perkembangan yang terdiri dari 6 aspek perkembangan. Bagi guru, yakni sebagai bahan untuk menentukan kriteria belajar dan kecocokan media dan metode pembelajaran yang diterapkannya dalam proses pembelajaran yang tentunya dengan memperhatikan kebutuhan setiap tahap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Sedangkan bagi orang tua, yakni sebagai masukan dan pertimbangan dalam memberikan pendidikan anak di rumah/ di luar sekolah. Dengan begitu tujuan pendidikan akan tercapai salah satunya melalui kegiatan evaluasi pembelajaran yang tepat oleh guru.
Baca Juga :  Pembahasan tentang Materi Hewan

[1] Selfi lailiyatul iftitah, M. Pd, Evaluasi pembelajaran anak usia dini, Vol 111 dari buku panduan, Hlm 5.

Pos terkait