Pengertian Media Pembelajaran

  • Whatsapp

Pembelajaran merupakan sebuah proses untuk memperoleh sesuatu, untuk mempelajari sesuatu, untuk memperdalam suatu ilmu atau pengetahuan. Dalam pembelajaran, dapat melibatkan dua pihak, sebagai contoh yaitu siswa dengan gurunya, siswa bertugas sebagai pembelajar dan guru bertugas sebagai fasilitator.

Sebagai seorang fasilitator, seorang guru dituntut untuk menyampaikan hal yang akan diajarkan  kepada siswa atau pembelajar, guru harus bisa berkomunikasi secara baik agar penyampaian pembelajaran dapat dengan mudah diterima oleh siswa atau pembelajar, untuk bisa dengan mudah diterima maka diperlukan media pembelajaran dalam proses pembelajaran [1]. Media pembelajaran adalah sarana komunikasi yang bertugas menjembatani atau membantu seorang fasilitator dan pembelajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat dipahami dan diterima dengan baik oleh para pembelajar. Adapun beberapa definisi media pembelajaran oleh para ahli yaitu :
  1. Alat-alat grafis, elektronis, fotografis, merupakan suatu media belajar yang berguna untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi baik verbal maupun visual. (Gerlach dan Ely 1971).
  2. Media pembelajaran adalah media yang membawa pesan-pesan dan bertujuan sebagai bahan pembelajaran. (Heinich, dkk. 1985).
  3. Sumber yang diperlukan untuk pembelajaran berupa komunikasi yang dilakukan melalui perangkat lunak dan dan perangkat keras. (Martin dan Briggs. 1986).
  4. Segala sesuatu yang berfungsi dan dapat untuk menyalurkan pesan, sehingga dapat mengundang minat, pikiran dari pembelajar dalam kegiatan pembelajaran disebut media pembelajaran[2]. (hal 9-10)

[1] Cepi Susilana, Rudi; Riyana, ‘MEDIA PEMBELAJARAN: Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,Dan Penilaian’ [accessed 4 October 2020]. [2] Hisbiyatul Sumiharsono, Rudy ; Hasanah, ‘Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru Dan Calon Pendidik’ [accessed 4 October 2020].

Baca Juga :  Berbagai Model Pengembangan Bahan Ajar

Pos terkait