Informasi Pendaftaran dan Syarat Asessor Jurnal Ilmiah tahun 2021

  • Whatsapp
Peringkat Akreditasi dibagi menjadi 6: Peringkat 1, nilai 85 sampai 100; Peringkat 2, nilai minimal 70; Peringkat 3, nilai minimal 60; Peringkat 4, nilai minimal 50; Peringkat 5, nilai minimal 40; dan Peringkat 6, nilai minimal 30. Pemeringkatan tersebut dimaksudkan untuk memberi pilihan bagi lembaga pembina karier jabatan fungsional guna memilih peringkat akreditasi jurnal ilmiah yang sesuai untuk syarat pengajuan kenaikan jenjang jabatan fungsional.

Ketentuan mengenai persyaratan tersebut akan diatur kemudian oleh lembaga pembina jabatan fungsional masing-masing. Dengan terbitnya Permenristekdikti tersebut, semua lembaga pembina jabatan fungsional dan pimpinan perguruan tinggi diharapkan dapat menyesuaikan kembali semua ketentuan yang terkait dengan kategori jurnal ilmiah terakreditasi sebagai syarat publikasi ilmiah.

Bacaan Lainnya

Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 9 tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah merupakan bagian yang penting sekali dalam upaya reformasi birokrasi penjaminan mutu pengelolaan jurnal ilmiah nasional. Kebijakan berupa kewajiban publikasi di jurnal ilmiah berdampak pada melonjaknya secara drastis permintaan ISSN ke PDII-LIPI yang mencapai lebih dari 50 ribu, termasuk lebih dari 25 ribu jurnal ilmiah yang terbit secara elektronik. Namun, yang terakreditasi oleh Kemenristekdikti baru 333 jurnal dan terakreditasi oleh LIPI 197 jurnal ilmiah.

Sebelum terbitnya Permenristekdikti ini, kewenangan akreditasi berada di dua lembaga, yaitu di Kemenristekdikti untuk jurnal yang diterbitkan oleh asosiasi profesi dan perguruan tinggi, dan di LIPI untuk jurnal yang diterbitkan oleh lembaga litbang. Proses akreditasi hanya dilakukan dua kali dalam setahun. Dengan terbatasnya periode akreditasi, maka jumlah jurnal terakreditasi menjadi sangat terbatas pula untuk predikat akreditasi A atau B dengan nilai di atas 70.

Baca Juga :  Spesifikasi dan harga Honda BeAT 2020 Series

Adapun jumlah jurnal nasional terakreditasi sampai dengan 30 Desember 2020 sudah mencapai 5.996 jurnal dan masih banyak usulan akreditasi yang memerlukan penilaian. Dengan terus meningkatnya jumlah jurnal yang mengajukan akreditasi tentunya memiliki potensi baik untuk dibina menjadi terakreditasi nasional dan internasional. Sehubungan dengan telah habisnya masa berlaku penugasan asesor masa tugas tahun 2018/2020 dan untuk mencapai target jumlah jurnal terakreditasi maka diperlukan penilaian akreditasi jurnal dalam waktu dekat ini. Untuk dapat menilai akreditasi jurnal sesuai dengan target yang ingin dicapai, maka diperlukan dukungan Asesor akreditasi jurnal yang cukup memadai.

Pos terkait