Pendidikan Era New Normal

  • Whatsapp
Corona Virus Disease 19 menjadi sebuah permasalahan global yang memiliki dampak dan pengaruh cukup besar dalam berbagai bidang/aspek kehidupan. Bidang pendidikan menjadi salah satu aspek yang cukup terdampak oleh adanya pandemi ini. Pada tanggal 24 Maret 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan sebuah Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang tentang “Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi”, dalam surat tersebut menjelaskan bahwa proses belajar akan dilaksanakan di rumah masing masing peserta didik melalui pembelajaran daring atau jarak jauh, yang bertujuan untuk memberi pengalaman belajar bagi siswa yang bermakna.

Dengan adanya pandemi ini, pemerintah telah banyak mengeluarkan berbagai kebijakan untuk tetap mempertahankan mutu pendidikan. Kebijakan tidak hanya diambil oleh bangsa Indonesia tetapi juga banyak negara yang lainya yaitu dengan meliburkan aktivitas pendidikan, oleh sebab itu pemerintah ataupun lembaga terkait harus mampu menghadirkan sebuah alternatif untuk seluruh peserta didik ataupun para mahasiswa yang tidak dapat menempuh pendidikan di lembaga pendidikan. Pemerintah mengusahakan kebijakan pembelajaran sebaik mungkin agar para peserta didik tetap dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan tetap aman yaitu dengan melakukan pembelajaran daring di rumah masing masing.

Dengan sebuah pembelajaran daring para siswa lebih leluasa memiliki waktu untuk belajar, hal ini membawa dampak, pengaruh dan perubahan besar terhadap dunia pendidikan. Seorang pendidik dituntut mampu memberikan pembelajaran dengan maksimal melalui berbagai aplikasi berupa zoom, google classroom, video conference, whatsapp group dan yang lain sebagainya.
Baca Juga :  New Normal

Pos terkait