Desain Pembelajaran di Era New Normal

  • Whatsapp
Terdapat kurang lebih tiga tantangan pendidikan tinggi di era new normal ini. Pertama, tantangan untuk mewujudkan Pendidikan 4.0. Pendidikan 4.0 yaitu pendidikan yang disusun untuk mempersiapkan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja di era disrupsi teknologi ini. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan adanya penggunaan kecerdasan buatan dan robotika guna menggantikan tenaga manusia. Maka akan banyak lapangan pekerjaan yang akan digantikan oleh tenaga robot. Sekolah tinggi diharuskan mampu menjawab  tantangan  ini,  caranya  dengan  menghasilkan  alumni yang bisa bekerja dan bahkan bisa menciptakan lapangan kerja baru di era revolusi industri 4.0.

Kedua, tantangan yang menghasilkan alumni yang memiliki keterampilan utama yang dibutuhkan pada abad ke-21, yaitu kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah (expert thinking), komunikasi dan kolaborasi (complex communicating), dan kreativitas dan inovasi (applied imagination and invention). Oleh   karenanya,   pembelajaran   pada   sekolah   tinggi   haruslah mampu untuk menggali serta mengoptimalkan potensi mahasiswa. Pengajaran pada perguruan tinggi harus bisa menghasilkan alumni yang berpola pikir kritis, mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan kompleks, memunyai kemampuan komunikasi dan kerjateam  yang baik, serta memiliki kreativitas dan inovasi.

Bacaan Lainnya
Ketiga, tantangan untuk mewujudkan kampus merdeka. Kampus merdeka adalah kampus yang mempunyai program yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menghasilkan sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap untuk menjadi pemimpin yang memilki semangat kebangsaan tinggi (Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, 2020). Pembelajaran    kampus    merdeka    berorientasi untuk mengembangkan kepribadian, kreativitas, kapasitas, dan kebutuhan mahasiswa. Selain itu, juga mempunyai tujuan agar mahasiswa bisa menemukan pengetahuan nyata dan dinamika tentang interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, dan target kerja (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, 2020).
Baca Juga :  Jadwal dan Cara Updating Data EMIS melalui Aplikasi Feeder EMIS (AFE) Terbaru 2020

Desain Pembelajaran di Era New Normal Bagaimana pembelajaran di era new normal dilaksanakan? Pembelajaran harus tetap berlangsung guna mencapai tujuan pembelajaran namun harus di desain sesuai protokol pencegahan Covid-19. Oleh karena itu, proses pembelajaran harus dilaksanakan secara daring sepenuhnya (fully online) atau dikenal dengan MOOCs (massive open online course).

Pos terkait