Metode Pembelajaran Daring Di Era New Normal Berbasis Multimedia

  • Whatsapp
Undangan Digital

Metode e-learning keseluruhannya menggunakan manfaat dari teknologi dalam pembelajaran melalui fasilitas internet sehingga tidak memperlukan tatap muka lagi. Meski begitu, metode pembelajaran daring atau e-learning ini harus tetap mencapai suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran ini ditentukan dengan berbagai unsur yang saling berinteraksi. Komponen pembelajarannya antara lain: guru, siswa, tujuan, materi, metode, dan strategi pembelajaran.

Penggunaan metode mengajar harus dapat menciptakan terjadinya interaksi antara seorang peserta didik dan guru sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan secara maksimal. Dalam menentukan metode pembelajaran guru hendaknya tidak asal memilih metode. Metode yang dipilih dalam pembelajaran juga harus memperhatikan ketepatan (efektivitas).

Bacaan Lainnya

Metode pembelajaran yang dipakai pada saat new normal disektor pendidikan juga menggunakan pola pembelajaran yang sesuai dengan kondisi saat ini. Persamaan metode pembelajarannya yaitu melalui e-learning atau daring. Untuk menghadapi new normal, bisa dilakukan dengan mengunakan sumber belajar yang sesuai dan bisa mengaplikasikannya dalam e-learning. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan yaitu studi yang objek penelitiannya bersumberkan pada kepustakaan berupa buku, bisa buku cerita, sejarah dan animasi. Kepustakaan tersebut akan digunakan untuk mengungkapkan kecerdasan dan minat bakat dari peserta didik tersebut.

Metode pembelajaran berbasis multimedia ada berbagai jenis. Adapun beberapa jenis multimedia antara lain sebagai berikut:

Baca Juga :  Teknik Supervisi Pendidikan

Pos terkait