Pembelajaran Daring vs Luring pada Era New Normal

  • Whatsapp

Masyarakat Indonesia sangat peka terhadap perkembangan teknologi, mereka sangat baik dalam mengikuti perkembangan ini. Sudah banyak kita ketahui, bahwa perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia membawa pengaruh yang besar terhadap perubahan pada segala bidang. Salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Teknologi membantu kita dalam kegiatan proses belajar mengajar dengan cara pergantian model pembelajaran dari konvensional menjadi modern. Apalagi pada masa pandemi covid-19 saat ini, kita diwajibkan untuk menjaga jarak dengan orang-orang sekitar, hal ini juga berlaku pada interaksi antara peserta didik dengan tenaga pendidik.

Pembelajaran secara daring merupakan cara baru sekaligus tantangan dalam proses belajar mengajar. Pada kegiatan pembelajaran daring ini memanfaatkan internet dan teknologi multimedia yang sedang berkembang sebagai bentuk alternatif pengganti keterbatasan pembelajaran secara offline atau luar jaringan. Penggunaan internet dapat memunculkan berbagai macam jenis interaksi pembelajaran dengan konektivitas serta fleksibilitasnya yang dapat kita gunakan di mana saja. Tidak kalah dengan pembelajaran luring, pembelajaran daring pun mampu mempertemukan antara tenaga pendidik dengan peserta didik untuk melakukan interaksi pembelajaran melalui aplikasi-aplikasi video conference, misalnya zoom dan google meet.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan dengan menggabungkan berbagai macam jenis sumber belajar seperti audio, gambar, video yang dikemas dengan semanarik mungkin. Cara seperti ini dapat dimanfatkan peserta didik untuk dapat melihat, mendengar, serta membaca dengan satu waktu dan tidak menghilangkan konsentrasi belajar serta tidak mudah jenuh terhadap materi pembelajaran yang disampaikan. Sumber belajar seperti inilah yang menjadi modal utama dalam mengembangkan pembelajaran daring.

Baca Juga :  Pengertian Media Pembelajaran

Jika dilihat secara sekilas, pembelajaran daring dinilai cukup mudah yaitu hanya dengan menyalakan hp atau laptop kemudian  menyambungkannya dengan

Pos terkait