Pembelajaran Daring vs Luring pada Era New Normal

  • Whatsapp

jaringan internet. Namun, faktanya pembelajaran daring memiliki kendala-kendala yang dirasakan tenaga pendidik maupun peserta didik. Hal ini dikarenakan tuntutan keadaan di era new normal yang mau tidak mau harus beralih menggunakan internet sebagai sarana yang memungkinkan untuk penyampaian materi pembelajaran. Tenaga pendidik belum memiliki kesiapan yang baik dalam perubahan yang cepat ini, sedangkan mereka harus menentukan aplikasi mana  yang digunakan agar peserta didik mampu menggunakannya dengan mudah. Peserta didik pun dituntut untuk cepat beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Mereka harus aktif dalam setiap kegiatan belajar mengajar agar tidak tertinggal materi yang telah disampaikan oleh tenaga pendidik.

Pelaksaan daring mengalami beberapa kendala dalam penyampaian sebuah materi. Tidak semua peserta didik mampu memahami materi secara langsung melalui sebuah tulisan atau hanya dalam konteks bacaan. Sebab, ada karakter peserta didik yang mana mereka harus dijelaskan secara rinci dan runtut agar materi yang disampaiakan dapat dipahami dengan mudah. Ada pun kendala yang cukup mengganggu proses belajar yaitu masalah jaringan internet, kebutuhan koneksi internet menjadi hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Tetapi faktanya, minimnya akses internet menjadi salah satu halangan yang tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di pedesaan, pinggir kota, maupun di daerah yang tertinggal, namun masyarakat yang tinggal di tengah kota pun ikut merasakan.

Bacaan Lainnya

Pembelajaran Luring

Model pembelajaran luring yaitu pembelajaran di luar jaringan, yang mana memiliki kesamaan dengan pembelajaran offline atau berinteraksi secara langsung di sebuah tempat untuk menjalankan sebuah pendidikan. Rencana penerapan sekolah tatap muka di tengah pandemi Covid-19 akan dimulai pada Januari 2021 mendatang, tetapi baru-baru ini sebagian sekolah sudah ada yang menerapkan sekolah  tatap  muka.  Untuk  melaksanakan  kegiatan  luring  ini  harus  didahului

Baca Juga :  Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning)

persiapan yang matang dalam menerapkan protokol kesehatan. Bila sekolah tatap muka digelar lagi maka protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat di sekolah guna pencegahan penularan Covid-19.

Pos terkait