Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Mengimplementasikan Kampus Mmerdeka Di Era

  • Whatsapp
Undangan Digital

Dunia pendidikan memiliki pengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat. Dalam dunia pendidikan hasil teknologi sejak lama telah dimanfaatkan. Dalam usaha memenuhi kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih efektif dan efesien intitusi pendidikan di Indonesia mulai memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan membangun pengadaan software, jaringan internet, insfrastruktur hardware, dan lain sebagainya.

Perubahan dalam dunia pendidikan terus terjadi kecenderungan perubahan dan inovasi ketika memasuki abad ke-21. Perubahan tersebut antara lain: semakin meningkatnya peran media, semakin meningkatnya multimedia, lebih mudah dalam mencari sumber belajar, memanfaatkan ICT. Sejak dimasukkan dalam kurikulum 2004, pemanfaatan TIK telah merambah dalam bidang Pendidikan. Tujuannya agar mahasiswa dapat mengoptimalkan keterampilannya.

Bacaan Lainnya

ICT adalah sistem pembelajaran berbasis multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan video) yang mampu membuat suatu sajian bahasan yang menarik, tidak monoton dan mudah dicerna.

Kampus merdeka merupakan kebijakan dari menteri pendidikan dan kebudayaan, yang mempunyai tujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Selain itu juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus. Untuk mendapatkan kemerdekaan belajar di perguruan tinggi merupakan dasar yang menjadi sebuah konsep baru yang memberikan kebebasan kepada mahasiswa.

Dalam penerapan konsep ini yang nantinya akan memberikan keleluasaan atau kebebasan pada mahasiswa selama dua semester pada program belajarnya untuk melakukan kegiatan di luar kelas maupun di luar kampus agar mahasiswa nantinya memiliki kemampuan untuk menguasai beragam keilmuan yang berguna di dunia kerja.

Baca Juga :  Pengertian dan Sejarah BIPA

Pos terkait