Pengertian Pendidikan Islam

  • Whatsapp

Kata “Pendidikan” yang umum kata yang digunakan sekarang dalam bahasa Arabnya adalah “Tarbiyah” dengan kata kerjanya “Rabba” kata pengajaran dalam bahasa Arabnya adalah “Ta’lim” dengan kata kerjanya adalah “Allama” sedangkan pendidikan Islam dalam bahasa Arabnya adalah “Tarbiyah Islamiyah.

Sedangkan pengertian pendidikan menurut istilah oleh Zakiah Dradjat seperti lazim difahami sekarang belum terdapat dizaman Nabi. Tetapi usaha dan kegiatan dilakukan oleh Nabi dalam menyampaikan seruan agama dengan berdakwah menyampaikan ajaran, memberi contoh melatih keterampilan berbuat, memberi motivasi dalam menciptakan lingkungan sosial yang mendukung pelaksanaan ide pembentukan peribadi muslim itu telah mencakup arti pendidikan dalam pengertian sekarang.

Bacaan Lainnya

Pendidikan bagi ummat manusia merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup dalam segala bidang sehingga dalam sepanjang hidup sejarah ummat manusia dimuka bumi ini hampir tak ada kelompok manusia yang tidak menggunakan pendidikan sebagai alat pembudayaan dan peningkatan kualitas hidupnya.

Di suatu pihak pendidikan dalam arti luas, berarti mengubah dan memindahkan nilai kebudayaan kepada setiap individu dalam masyarakat.

William, seorang tokoh pendidikan katolik dalam bukunya Ramayulis berpendapat bahwa: Pendidikan diartikan oleh ahli scholaktik, sebagai suatu perlengkapan dan perkembangan dari kemampuan-kemampuan manusia baik moral, intelektual maupun jasmani yang diorganisasikan dengan atau untuk kepentingan individu atau sosial dan diarahan kepada kegiatan-kegiatan yang bersatu dengan penciptanya sebagai tujuan akhirnya.

Baca Juga :  Pengertian Pendidikan

Pos terkait