Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Motivasi

  • Whatsapp
Undangan Digital

Kata motivasi berasal dari bahasa inggris “ Motivation” dan merupakan bentukan dari kata “ Motive” yang berarti alasan atau yang menggerakkan. Adapun secara terminologi motivasi merupakan suatu tenaga, dorongan, alasan kemauan dari dalam yang menyebabkan kita bertindak, dimana tindakan itu di arahkan kepada tujuan tertentu yang hendak dicapai.
Ngalim Purwanto mendefinisikan motivasi adalah, “ pendorong” suatu usaha yang di sadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.


Dewasa ini, definisi motivasi sebanyak jumlah psikolog. Yang paling sederhana menyatakan, motivasi mencakup apa saja yang bias melahirkan, memelihara dan mengarahkan perilaku. Meskipun para ahli mendefinisikan motivasi dengan cara dan gaya yang berbeda, namun esensinya menuju kepada maksud yang sama, ialah bahwa motivasi itu merupakan Suatu kekuatan (Power) atau tenaga (forces) atau daya (energy); atau Suatu keadaan yang kompleks (a Complex State) dan kesiap sediaan (Preparatory State) dalam diri Individu (Organisme) untuk bergerak (to Move, motion motives) kearah tujuan tertentu baik disadari maupun tidak tidak disadari .

Bacaan Lainnya


Aspek-aspek Motivasi
Setiap gerak dan tindakan manusia akan selalu berbarengan dengan motivasi. Menurut Abraham Maslow yang dikutip oleh Chalijah Hasan, bahwa klasifikasi motivasi dalam diri manusia dapat dibagi dalam beberapa kelompok, yaitu:


a. Fisiologis Hal ini merupakan kebutuhan manusia yang paling dasar, meliputi kebutuhan makanan, pakaian, tempat berlindung, yang penting untuk mempertahankan hidup.
b. Rasa aman Hal ini merupakan kebutuhan kepastian keadaan dan lingkungan yang dapat diramalkan, ketidak pastian, ketidakadilan, keterancaman akan menimbulkan kecemasan dan ketakutan pada diri individu.

Baca Juga :  Assessment Formatif Web Based


c. Rasa cinta Hal ini merupakan kebutuhan afeksi dan pertalian dengan orang lain.
d. Penghargaan Yaitu kebutuhan rasa berguna, penting dihargai, dikagumi, dihormati oleh orang lain, secara tidak langsung ini merupakan kebutuhan perhatian, ketenaran, status, martabat dan lain-lainnya.
e. Aktualisasi diri Yaitu kebutuhan mengembangkan diri sepenuhnya, merealisasikan potensi-potensi yang di milikinya.

Pos terkait