Minat Orang Tua Siswa Dalam Memilih Sekolah

  • Whatsapp
Undangan Digital

Orang tua siswa dalam memilih sekolah yang tepat Biasanya dilakukan dengan mempertimbangan beberapa aspek diantanya adalah :

Lokasi

Bacaan Lainnya

Lokasi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah jasa pendidikan. Menurut Swastha  ”Lokasi adalah tempat dimana suatu usaha atau aktivitas usaha dilakukan”. Faktor penting dalam pengembangan suatu usaha adalah letak lokasi terhadap daerah perkotaan, cara pencapaian dan waktu tempuh lokasi ke tujuan. Faktor lokasi yang baik adalah relatif untuk setiap jenis usaha yang berbeda.[1]

Memilih tempat atau lokasi pendidikan yang baik merupakan keputusan yang penting, karena tempat merupakan komitmen sumber daya jangka panjang yang dapat mengurangi fleksibilitas masa depan usaha. Lokasi akan mempengaruhi pertumbuhan di masa depan. Area yang dipilih haruslah mampu untuk tumbuh dari segi ekonomi sehingga ia dapat mempertahankan kelangsungan hidup usaha. Lingkungan setempat dapat saja berubah setiap waktu, jika nilai lokasi memburuk, maka lokasi usaha harus dipindahkan atau ditutup.

Memilih lokasi atau tempat pendidikan perlu mempertimbangkan banyak hal, antara lain mudah dan dapat diakses oleh siswa, lalu lintas orang-orang, kepadatan dan kemacetan lalu lintas, tempat parkir yang memadai, dapat diekspansi, dan lingkungan yang mendukung.

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan adalah biaya yang mencakup semua jenis pengeluaran yang berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan menurut Dedi Supriadi Biaya (cost) dalam pengertian ini memiliki cakupan luas, yakni semua jenis pengeluaran yang berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan, baik dalam bentuk uang maupun barang dan tenaga (yang dapat dihargakan dengan uang).[2]

Baca Juga :  Definisi dan Perkembangan Sastra Anak

Pos terkait