Pengertian Pendidikan

  • Whatsapp

Pengertian pendidikan sesungguhnya sangat beragam, untuk itu peneliti mencoba menunjukkan pengertian pendidikan di lihat dari :
a. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Menurut kamus besar Indonesia pengertian pendidikan adalah: “pendidikann proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dl usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, pembuatan mendidik; sedangkan menurut Ensiklopedi Wikipedia: Education is a social science that encompasses teaching and learning specific knowledge, beliefs, and skills. The word education is derived from the Latin educare meaning “to raise”, “to bring up”, “to train”, “to rear”, via “educatio/nis”, bringing up, raising.

b. Menurut Undang-Undang
Dalam konteks formal, makna pendidikan sebagaimana tertulis dalam Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal I adalah:
Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Bacaan Lainnya

c. Menurut Bahasa
Bahasa Yunani: berasal dari kata Pedagogi, yaitu dari kata “paid” artinya anak dan “agogos” artinya membimbing. Itulah sebabnya istilah pedagogi dapat diartikan sebagai “ilmu dan seni mengajar anak (the art and science of teaching children). Bahasa Romawi : berasal dari kata educare, yaitu mengeluarkan dan menuntun, tindakan merealisasikan potensi anak yang dibawa waktu dilahirkan di dunia.

d. Menurut Para Ahli
Menurut para ahli, definisi pendidikan adalah “Berbagai upaya dan usaha yang dilakukan orang dewasa untuk mendidik nalar peserta didik dan mengatur moral mereka”.

Baca Juga :  Pengertian dan Fungsi Pusat Sumber Belajar

Langefeld mengartikan pendidikan adalah membimbing anak dalam mencapai kedewasaan. Sedangkan Heageveld menjelskan pengertian pendidikan adalah membantu anak dalam mencapai kedewasaan. Bojonegoro menjelaskan pengertian mendidik adalah memberi tuntunan kepada manusia yang belum dewasa dalam pertumbuhan dan perkembangannya sampai tercapai kedewasaan.

Pos terkait