Pengertian Prestasi Belajar

  • Whatsapp

Prestasi adalah hasil belajar/kerja semaksimal mungkin. Hasil belajar adalah hasil aktivitas manusia dalam bidang tertentu dan aktivitas itu terlaksana semaksimal mungkin. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalaman dalam lingkungannya. Belajar adalah suatu usaha untuk memperoleh kebiasaan ilmu pegetahuan dan sikap yang terutama diperoleh disekolah sehingga tercapai perubahan tingkah laku yang diharapkan.

Hamalik mengemukakan bahwa belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas dari itu, yakni mengalami. Selain itu dikatakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individumelalui interaksi dengan lingkungan. Menurut Syaiful Bahri Jamarah belajar pada hakikatnya adalah perubahan yang terjadi di dalam diri seseorang setelah berakhirnya rnelakukan aktivitas belajar.

Bacaan Lainnya

Menurut Morris L Bigge dikutip oleh Max Darsono belajar adalah perubahan yang menetapkan dalam kehidupan seseorang yang tidak diwariskan secara grafis. Sedangkan menurut Marle J Moskowitz dan Arthur R Orgel yang juga dikutip oleh Max Darsono, belajar adalah perubahan perilaku yang sebagai langsung dari pengalaman dan bukan akibat dari hubungan dalam sistem syaraf yang dibawa sejak lahir.

Dari definisi di atas belajar adalah terjadi perubahan dari diri orang yang belajar karena pengalaman. Belajar merupakan sebuah sistem yang didalamnya terdapat berbagai unsure yang saling terkait sehingga menghasilkan perubahan tingkah laku.

Rachman Natawidjaja mengemukakan mengenai ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar sebagai berikut :
a. Perubahan yang terjadi secara sadar. Individu yang belajar akan menyadari dan merasakan adanya perubahan dalam dirinya.
b. Perubahan dalam belajar bersifat kontinyu dan fungsional. Sebagai hasil belajar perubahan yang terjadi dalam diri individu berlangsung terus menerus dan tidak statis. Satu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan dan berguna bagi proses belajar berikutnya.

Baca Juga :  Manusia menurut Al-Qur’an

Pos terkait