Pembelajaran Remedial

  • Whatsapp

Remedial (Pengajaran Perbaikan) adalah suatu bentuk pengajaran yang bersifat menyembuhkan, membetulkan atau pengajaran yang membuat menjadi baik. Maka pengajaran perbaikan (Remedial) itu adalah bentuk khusus pengajaran yang berfungsi menyembuhkan, membetulkan, atau membuat jadi baik.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam proses belajar mengajar siswa diharapkan dapat mencapai hasil sebaik-baiknya sehingga bila ternyata ada siswa yang belum berhasil sesuai dengan harapan maka diperlukan suatu pengajaran yang membantu agar tercapai hasil yang diharapkan. Dengan demikian perbaikan diarahkan kepada pencapaian hasil yang optimal sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa melalui keseluruhan proses belajar mengajar dan keseluruhan pribadi siswa.

Bacaan Lainnya

Dapat dikatakan pula bahwa pengajaran perbaikan itu berfungsi sebagai pengobatan (terapis) untuk penyembuhan, yang disembuhkan adalah beberapa hambatan (gangguan) kepribadian yang berkaitan dengan kesulitan belajar sehingga dapat timbale balik dalam arti perbaikan belajar juga perbaikan pribadi dan sebaliknya.

Remedial teaching berasal dari kata Remedy (Inggris) yang artinya menyembuhkan. Istilah pengajarn remedial pada mulanya adalah kegiatan mengajar untuk anak luar biasa yang mengalami berbagai hambatan (sakit). Namun, dewasa ini pengertian ini sudah berkembang seperti uraian tersebut di atas, sehingga anak yang normal pun memerlukan pelayanan pengajaran remedial (Remedial Teaching).

Secara umum tujuan pengajaran perbaikan tidak berbeda dengan pengajaran biasa yaitu dalam mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan. Secara khusus pengajaran perbaikan bertujuan agar siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat mencapai prestasi belajar yang diharapkan sekolah melalui proses perbaikan. Secara terperinci tujuan pengajaran perbaikan adalah:

Baca Juga :  Pembelajaran Daring vs Luring pada Era New Normal

Pos terkait