Pendidikan Moral

  • Whatsapp

Moralitas adalah kata yang sering digunakan untuk menunjukkan suatu tingkah laku manusia. Moral ini sendiri berarti baik buruk perbuatan dan kelakuan. 8 Selanjutnya, perkataan moral diambil dari bahasa Latin mores, yaitu jamak dari mos yang berarti adat kebiasaan.

Kata yang sepadan dan sering digunakan untuk menunjuk moral adalah budi pekerti. Pengertian budi pekerti mengacu pada pengertian bahasa Inggris, yang diterjemahkan sebagai moralitas. Moralitas mengandung beberapa pengertian antara lain: adat istiadat, sopan santun, dan perilaku. Namun, pengertian budi pekerti secara hakiki adalah perilaku.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, menurut draf kurikulum berbasis kompetensi, budi pekerti berisi nilai-nilai perilaku manusia yang akan diukur menurut kebaikan dan keburukannya melalui norma agama, norma hukum, tata karma dan sopan santun, norma budaya dan adat istiadat masyarakat. Budi pekerti akan mengidentifikasi perilaku positif yang diharapkan dapat terwujud dalam perbuatan, perkataan, pikiran, sikap, perasaan, dan kepribadian peserta didik.

Budi pekerti berinduk pada etika atau filsafat moral. Secara etimologis, kata etika sangat dekat dengan moral. Etika berasal dari bahasa yunani ethos (jamak: ta etha) yang berarti adat kebiasaan. Adapun moral berasal dari bahasa latin mos (jamak: mores) yang juga mengandung adat kebiasaan.

Pendidikan Moral itu
Pendidikan moral berusaha untuk mengembangkan pola perilaku seseorang sesuai dengan kehendak masyarakatnya. Kehendak ini berwujud moralitas atau kesusilaan yang berisi nilai-nilai dan kehidupan yang berada dalam masyarakat. Karena menyangkut dua aspek inilah, yaitu nilai-nilai dan kehidupan nyata, maka pendidikan moral lebih banyak membahas masalah dilemma (seperti makan buas simalakama) yang berguna untuk mengambil keputusan moral yang terbaik bagi diri dan masyarakatnya.

Baca Juga :  Bapak Pendidikan Nasional

Pos terkait