Hukuman dalam Pendidikan

  • Whatsapp

Proses pendidikan tidak bisa dilepaskan dari faktor pendidik, tujuan pendidikan, alat pendidikan, lingkungan pendidikan dan faktor peserta didik. Pendidikan merupakan suatu proses kegiatan atau aktivitas yang berorientasi kepada tujuan, sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan diharapkan dicapai oleh pendidik dan peserta didik.

Alat pendidikan sebagai salah satu komponen dalam mencapai tujuan pendidikan menempati posisi yang sangat urgen. Sutari Imam Barnadib dalam buku Jalaluddin menyatakan:

Bacaan Lainnya

Alat pendidikan merupakan suatu tindakan antar situasi atau benda yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai suatu tujuan di dalam pendidikan. Lebih lanjut dikatakan bahwa alat pendidikan bukan suatu resep yang sewaktu-waktu dapat digunakan secara tepat guna dan mantap. Alat pendidikan merupakan sesuatu yang harus dipilih, sesuai dengan tujuan pendidikan.

Hukuman sebagai salah satu alat pendidikan yang sifatnya kongkrit merupakan suatu hal yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Namun dalam hal ini perlu diberi definisi dan batasan mengenai hukuman yang dimaksudkan dalam dunia pendidikan.

Alisuf Sabri menyatakan bahwa hukuman adalah tindakan pendidikan yang sengaja dan secara sadar di berikan kepada anak didik yang melakukan suatu kesalahan, agar peserta didik tersebut menyadari kesalahannya dan berjanji dalam hatinya untuk tidak mengulanginya.

Baca Juga :  Ketrampilan Global Guru Abad 21

Pos terkait