Pengertian Pembelajaran Individual

  • Whatsapp
Undangan Digital

Individualisasi pengajaran dimaksudkan sebagai bentuk pembelajaran yang dapat melayani perbedaan peserta didik, dan sesuai dengan kemampuan, tempo belajar, minat, dan nafsu belajar maing-masing. Program Pembelajaran Individual dikenal dengan The Individualized Education Program (IEP) yang diprakarsai oleh Samuel Gridley Howe tahun1871, yang merupakan salah satu bentuk layanan pendidikan bagi ABK.

Bentuk pembelajaran ini sudah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 1992, yang merupakan satu rancangan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus agar mereka mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhannya dengan lebih memfokuskan pada kemampuan dan kelemahan kompetensi peserta didik.

Bacaan Lainnya

Mercer and Mercer (1989) mengemukakan bahwa “program pembelajaran individual menunjuk pada suatu program pembelajaran dimana siswa bekerja dengan tugas-tugas yang sesuai dengan kondisi dan motivasinya”. Hal ini disebabkan karena perbedaan antara individu pada ABK sangat beragam, sehingga layanan pendidikannya lebih diarahkan pada layanan yang bersifat individual, walaupun demikian layanan yang bersifat klasikal dalam batas tertentu masih diperlukan.

Secara selintas Suryobroto dalam bukunya yang berjudul proses belajar mengajar di sekolah mendefinisikan bahwa Individualized Intruction yaitu pengajaran yang memperhatikan atau atau berorientasi pada perbedaan-perbedaan individu siswa. Sedangkan menurut James D. Russel dalam Subroto menyatakan: Individualized Intruction adalah suatu pengaturan yang memungkinkan setiap individu siswa terkait dalam semua waktunya untuk belajar sesuatu yang berguna bagi dirinya dan individu.

Dalam Vembrianto ada dua pengertian mengenai pembelajaran individual, yaitu: Pertama, pembelajaran indivual atau pengajaran perseorangan adalah pengajaran yang diberikan kepada anak seorang-seorang. Dalam pengajaran ini tiap-tiap siswa akan memajukan menurut kemampuannya masing-masing, artinya pengajaran sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan anak-anak itu masing-masing.

Baca Juga :  Pengertian dan Fungsi Pusat Sumber Belajar

Pos terkait