Pembinaan Agama Islam

  • Whatsapp

Pembinaan kata dasarnya adalah bina yang mempunyai arti bangun (membina, membangun) dan dapat juga diartikan bentuk (membentuk). Jadi yang dimaksud dengan pembinaan adalah mempertahankan sesuatu yang sudah baik dan berusaha untuk mengembangkannya. Menurut Zakiah Daradjat bahwa: Pembinaan adalah upaya pendidikan baik formal maupun non formal yang dilaksanakan secara terarah, teratur dan bertanggung jawab dalam rangka memperkenalkan, menumbuhkan, mengambangkan suatu dasar kepribadian yang seimbang utuh dan selaras, pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bakat, keingan serta prakarsa sendiri menambah, meningkatkan dengan mengembangkan kearah terciptanya martabat; mutu dan kemampuan manusia yang optimal; dan pribadi yang mandiri.

Dalam kamus Bahasa Indonesia, kata pembinaan mempunyai pengertian proses pembuatan, cara membina, pembaharuan, penyempurnaan, usaha dan tindakan, tindakan yang di lakukan berdaya guna dan berhasil untuk memperoleh hasil yang lebih baik.3 Sedangkan keagamaan adalah sifat-sifat yang terdapat dalam agama atau segala sesuatu mengenai agama. Dalam artian secara praktis,pembinaan adalah suatu usaha dan upaya yang di lakukan secara sadar terhadap nilai-nilai yang di laksanakan oleh orang tua, seorang pendidik atau tokoh masyarakat dengan metode tertentu baik secara personal (perorangan) maupun secara lembaga yang merasa punya tanggung jawab terhadap perkembangan pendidikan anak didik atau generasi penerus bangsa dalam rangka menanamkan nilai-nilai dan rasa kepribadian dan pengetahuan yang bersumber pada ajaran agama Islam untuk dapat di arahkan pada sasaran dan tujuan yang ingin di capai.

Bacaan Lainnya

Pengertian Agama Islam
Sedangkan agama menurut Harun Nasition menjelaskan bahwa Agama berasal dari kata Al din, religi dan agama. Al din berarti undang-undang atau hukum. Kemudian dalam bahasa arab kata ini mengandung pengertian menguasai menundukkan, patuh, utang, balasan dan kebiasaan. Dari kata religi (latihan, relegere) berarti mengumpulkan dan membaca, kemudian relege berati mengikat.4

Baca Juga :  Klasifikasi Makna Bahasa dan Contohnya

Pengertian Agama ( Islam ) menurut Pembinaan Kelembagaan Agama Islam adalah:” Satu-satunya sistem atau tata kehidupan yang pasti bisa membuat manusia menjadi damai, selamat dan sejahtera untuk selama-lamanya, karena hidupnya berserah diri pada penciptanya.” 4Menurut Faisal Ismail mengemukakan bahwa Agama adalah peraturan yang mengatur perilaku manusia atau mengenai sesuatu yang gaib, mengenai budi pekerti, tata pergaulan hidup bersama.

Dari uraian di atas, maka dapat penulis simpulkan yang dimaksud dengan pembinaan agama adalah upaya membentuk pemahaman tentang nilai-nilai ajaran agama Islam baik melalui pendidikan formal maupun nonformal dalam rangka memperkenalkan, menumbuhkan, mengambangkan suatu dasar kepribadian yang sesuai dengan aturan Islam

Pos terkait