Pembinaan Agama Islam

  • Whatsapp
Undangan Digital

Disamping itu pula dengan aktifnya masyarakat terhadap kegiatan keagamaan akan mempertebal keimanan serta keyakinan akan nilai-nilai kesosilaan dan keagamaan didalam masyarakat. Sasaran yang dikehendaki adalah terciptanya masyarakat berkepribadian muslim dan mampu melestarikan nilai-nilai agama untuk mencapai kesejahteraan masyarakat bangsa dan Negara yang dilandasi oleh suasana kehidupan yang Islami dan penuh ketaqwaan.

Kegiatan keagamaan, maksudnya ”aktifitas yang berkaitan dengan bidang keagamaan yang ada dalam kehidupan masyarakat dalam melaksanakan dan menjalankan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari”.9 Disamping itu, agama Islam di bawa Nabi Muhammad SAW. adalah agama yang dapat diyakini, menjamin terwujudnya kehidupan manusia yang sejahtera lahir dan batin, karena di dalamnya terdapat berbagai petunjuk tentang bagaimana seharusnya manusia menyikapi hidup dan kehidupan ini secara lebih bermakna dalam arti seluas-luasnya. Petunjuk-petunjuk agama tersebut terdapat didalam al-Qur’an dan al-Hadits yang nampak ideal dan agung.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu dalam melaksanakan pembinaan keagamaan kepada masyarakat, harus menetapkan titik tolak yang jelas. Karena pada dasarnya agama mempunyai fungsi sebagai berikut :
a. Fungsi motivatif, maksudnya agama adalah faktor yang bersifat mendorong, mendasari dan melandasi cita-cita dan amal usaha manusia dalam segala aspek kehidupan manusia.
b. Fungsi produktif, yaitu agama sangat mendorong pemeluknya untuk bekerja produktif bukan saja untuk kepentingan dirinya melainkan juga untuk orang lain.
c. Fungsi sublimatif, artinya agama mengkuduskan segala usaha manusia, bukan saja yang bersifat agamawi melainkan juga yang duniawi, selama usaha tersebut tidak bertenangan dengan norma dan kaidah agama.
d. Fungsi integratif, maksudnya agama mengintegrasikan segala kerja manusia. Dengan menghayati agama, orang bisa mempunyai kekuatan batin hingga terhindar dari melakukan hal-hal yang berlawanan dengan keyakinan sehingga ia mampu menjaga integritas dirinya.”9

Baca Juga :  Manusia menurut Al-Qur’an

Dengan demikian dapat diketahui bahwa agama mempunyai fungsi yang sangat strategis dalam memberikan bimbingan dalam kehidupan, menolong dalam menghadapi kesukaran, dan menenteramkan batin.

Di dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan kegamaan, maka seorang penyuluh agama Islam harus mempuunyai strategi yang tepat dan sistematis. Strategi dakwah maksudnya “metode, siasat, taktik atau maniuvers yang dipergunakan dalam aktifitas (kegiatan) dakwah.”10 Strategi yang dipergunakan di dalam kegiatan pembinaan keagamaan tersebut harus memperhatikan asas-asas berikut ini :

Pos terkait