Pembinaan Agama Islam

  • Whatsapp
Undangan Digital

Macam-macam Kegiatan Pembinaan agama
Dalam prakteknya, kegiatan keagamaan (baik pengajian, majelis taklim, dan sejenisnya) merupakan kegiatan pengajaran atau pendidikan agama Islam yang paling fleksibel dan tidak terikat oleh waktu. Ia terbuka terhadap segala usia, lapisan atau strata sosial, dan jenis kelamin. Waktu penyelenggaraannya pun tidak terikat, bisa pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Tempat pengajarannya pun bisa dilakukan di rumah, masjid, mushalla, gedung, aula, halaman (lapangan) dan sebagainya.

Selain itu, kegiatan keagamaan ini memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai lembaga dakwah dan lembaga pendidikan non-formal. Fleksibilitas inilah yang menjadi kekuatan sehingga mampu bertahan dan merupakan lembaga pendidikan Islam yang paling dekat dengan umat (masyarakat). Ia juga merupakan wahana interaksi dan komunikasi serta silaturrahmi yang kuat antara masyarakat awam dengan para mualim, dan antara sesama anggota jemaah tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, kegiatan keagamaan ini menjadi lembaga pendidikan keagamaan alternatif bagi mereka yang tidak memiliki cukup tenaga, waktu dan kesempatan menimba ilmu agama di jalur pendidikan formal. Inilah yang menjadikan kegiatan keagamaan memiliki nilai dan karakteristik tersendiri dibanding lembaga-lembaga pendidikan keagamaan Iainnya.

Mengingat pelaksanaannya yang fleksibel dan terbuka untuk segala waktu dan kondisi, keberadaan kegiatan keagamaan telah menjadi lembaga pendidikan seumur hidup (long life education) bagi umat Islam. Sebagai institusi pendidikan Islam non formal, kegiatan keagamaan dilihat dari karakteristiknya secara umum adalah “lembaga (institusi) yang melaksanakan pendidikan, atau pengajian agama Islam, memiliki kurikulum, ustaz/guru, jema‟ah, metode, materi dan tujuan pembelajaran.”15

Baca Juga :  Prinsip-prinsip Evaluasi Perkembangan

Sementara itu dalam ensiklopedi Islam yang diterbitkan oleh Departemen Agama RI, ditemukan karakteristik kegiatan keagamaan (majaelis taklim, pengajian) adalah “ lembaga pengajian Islam yang memiliki ciri-ciri tersendiri dilihat dari sudut metode dan buku pegangan yang digunakan, jema’ah, pengajar (ustadz), materi yang di ajarkan, sarana dan tujuan.”16

Pos terkait