Pembinaan Agama Islam

  • Whatsapp
Undangan Digital

Kegiatan keagamaan (pengajian), selain sebagai wadah pembinaan umat juga mempunyai fungsi :
“sebagai wadah untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan kepada jema`ahnya, wadah yang memberi peluang kepada jema‟ah untuk tukar menukar pikiran, berbagi pengalaman, dalam masalah keagamaan, wadah yang dapat membina keakraban di antara sesama jema‟ahnya, dan sebagai wadah informasi serta kajian keagamaan dan kerjasama di kalangan umat.”17

Dalam pembinaan kegiatan keagamaan perlu diperhatikan beberapa hal yang dapat menunjang keberhasilan pembinaan tersebut. Adapun macam-macam pembinaan yang dapat dilakukan di antaranya :
a. Kegiatan pengajian rutin dengan materi ke-islaman secara menyeluruh yang dibagi ke dalam sub-sub tema kajian, seperti masalah syariah, aqidah, akhlak, baca tulis al-Quran dan hadits, serta sirah nabawiyah.
b. Kegiatan pengajian gabungan antar majelis ta’lim yang biasanya dilakukan satu bulan sekali, dengan mendengarkan ceramah agama dari muballigh yang di datangkan dari luar.

Bacaan Lainnya

c. Kegiatan yang bersifat insidentil, seperti Peringatan Hari-Hari Besar Islam (maulid nabi, isramiraj, nuzul al-Quran, dan tahun bari Islam), pekan Muharam, pelatihan mengurus jenazah, pelatihan muballigh/muballighah, belajar irama al-Quran, al-barzanji, tahlil, doa-doa yang relevan dengan situasi dan kondisi, pelaksanaan shalat tasbih, shalat dhuha, mabith/itikaf (sepertiga akhir bulan Ramadhan) dan melaksanakn pesantren kilat/Ramadhan. d. Kegiatan-kegiatan sosial, seperti mengunjungi orang sakit, taziyah ke keluarga dan anggota pengajian yang meninggal dunia, kunjungan ke panti-panti asuhan muslim.
Mengadakan kegiatan arisan, sebagai rasa keadilan dan solidaritas yang tinggi serta terjalinnya silaturrahmi yang kuat antar sesama anggota pengajian.

Baca Juga :  Contoh Soal Prediksi USBN IPA, Matematika, Bahasa Indonesia Tahun 2020

Pos terkait