Urgensi Akhlak Mulia pada Anak di Era Globalisasi

  • Whatsapp

Salah satu fenomena kontemporer yang dengan mudah dapat dilihat adalah kian memudarnya nilai-nilai akhlak dalam upaya pengembangan kesejahteraan dan ketenangan dalam kehidupan umat manusia. Pada saat yang sama, kemafsadatan atau kejahatan dalam bentuk perang, kekerasan, atau ancaman kekerasan, dan lainnya, kian merebak dan menjadi bagian yang nyaris lekat dengan sikap dan perilaku manusia.

Kenyataaan tersebut semakin diperparah dengan perkembangan teknologi yang memproduksi senjata biologis dan kimia, senjata konvensional, dan bom-bom teroris yang dapat diperoleh dengan mudah di sembarang tempat. Semua fasilitas teknologi apabila tidak dilandasi dengan akhlak yang baik, menjadi ancaman kekerasan yang dapat membuat kehidupan masa depan manusia sebagai neraka.

Bacaan Lainnya

Kondisi seperti tersebut berkembang karena di satu pihak aspek akhlak dipinggirkan dari kerangka ajaran Islam. Oleh karena itu, ajaran akhlak menjadi elemen-elemen yang penting untuk direduksi sedemikian rupa sehingga menimbulkan sikap berakhlak al-karimah yang kukuh dalam kehidupan manusia.

Sejauh ini akhlak atau moralitas telah memudar dari pola kehidupan umat, sehingga ajaran akhlak atau moral pada batas-batas tertentu telah menjadi debu-debu sejarah yang tidak pernah disentuh secara serius oleh sebagian (besar) umat, karena terjebak pada pola hidup yang hedonistik dan materialistik. Umat lalu terjebak simbol-simbol dan formalisasi dalam segala bentuknya. Karena itu, banyak umat Islam yang melakukan shalat, zakat, dan haji, tetapi mereka adalah koruptor, suka membodohi masyarakat, atau melakukan perbuatan keji yang lain.

Dalam konteks tersebut, ditemukan signifikansi terhadap vitalisasi akhlak dalam membendung arus globalisasi yang menawarkan sikap dan prilaku yang tidak mendidik. Oleh karena itu, harus ditegaskan bahwa satu konklusi bahwa akhlak merupakan salah satu elemen pokok agama yang tidak dapat dilepaskan dari ajaran Islam. Bahkan dapat dikatakan bhawa mengabaikan aspek akhlak hampir dapat dikatakan sebagai pengingkaran agama secara keseluruhan.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen Berbasis Madrasah

Pos terkait