Informasi Beasiswa LPDP Kemenag Tahun 2021

  • Whatsapp

Program 5000 doktor dalam negeri sudah menjaring lima angkatan sejak 2014 dan akan dioptimalkan melalui skema dana LPDP di tahun 2021. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani pada kegiatan Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Penyelenggara Beasiswa di Bogor, Jumat (16/4/2021).

“Beasiswa Doktoral (S3) dalam negeri yang biasanya termasuk dalam skema program 5000 Doktor akan berubah melalui pengelolaan dari LPDP,” tuturnya.

Bacaan Lainnya

Namun begitu, Ali Ramdhani mengingatkan kepada Perguruan Tinggi Mitra untuk terus mengawal mahasiswa penerima beasiswa doktoral yang masih berjalan (on-going) agar cepat lulus. “Pengelola beasiswa diharapkan membuat terobosan agar awardee (penerima beasiswa) tetap semangat untuk menyelesaikan masa studinya. Bila perlu dipaksa tinggal di sekitar kampus agar fokus pengerjaannya,” ucapnya.

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.


Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Program Beasiswa LPDP ditujukan untuk peningkatan aksesibilitas pendidikan tinggi bagi rakyat Indonesia, dengan tetap mengedepankan aspek kualitas pendidikan. Beasiswa LPDP diharapkan dapat menjadi lokomotif kemajuan bangsa Indonesia.


Sasaran pelamar beasiswa adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi persyaratan, berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral, dan memiliki rencana kontribusi pasca studi untuk kemajuan Indonesia. Pendaftaran beasiswa dilaksanakan secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah semua dokumen kelengkapannya pada laman resmi LPDP di www.beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

Baca Juga :  Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen 2021

JENIS BEASISWA
Beasiswa LPDP terdiri atas berbagai program dan dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Beasiswa Afirmasi
    a. Beasiswa Daerah Afirmasi.
    b. Beasiswa Indonesia Timur
    c. Beasiswa Penyandang Disabilitas
    d. Beasiswa Prasejahtera Berprestasi
    e. Beasiswa Alumni Bidikmisi.
    f. Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional
    g. Beasiswa Prestasi Seni Internasional
    h. Beasiswa Santri
  2. Beasiswa Targeted Group
    a. Beasiswa PNS/TNI/POLRI.
    b. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) / Beasiswa Pendidik
    c. Beasiswa Olimpiade Internasional.
  3. Beasiswa Umum
    a. Beasiswa Reguler
    b. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia
    c. Beasiswa Dokter Spesialis
    d. Beasiswa Disertasi

informasi lebih jelasnya bisa dilihat di: www.beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

Pos terkait