Urgensi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan

  • Whatsapp

Urgensi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Dalam melaksanakan pembelajaran yang bermutu, tidak selamanya tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dapat tercapai. Dalam setiap proses pembelajaran akan selalu dijumpai suatu masalah yang menjadi hambatan dalam mencapai tujuan pembelajaran, misalnya: (1) kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran, (2) tidak adanya respon dalam diri siswa ketika mengikuti proses pembelajaran, (3) siswa gagal dalam ujian. Masalah-masalah seperti inilah yang sesungguhnya harus diperhatikan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran ya dan menuntut guru untuk sesegera mungkin mencari solusi alternatif untuk mengatasi masalah ini.

Setiap guru selalu menginginkan tercapainya suatu tujuan pembelajaran yang optimal, serta berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara terus menerus. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dan mendatangkan keuntungan ganda adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan suatu proses di mana melalui proses ini guru dan siswa sama-sama menginginkan terjadinya perbaikan, peningkatan, dan perubahan pembelajaran yang lebih baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa definisi tentang PTK diantaranya sebagai berikut: menurut Joni dan Tisno PTK erupakan suatu kajian yang bersifat reflektif oleh perilaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukannya itu, serta untuk memperbaiki kondisi-kondisi dimana praktek-praktek pembelajaran tersebut dilakukan.

Sementara itu Soedarsono mempunyai pandangan lain mengenai definisi atau makna PTK. Menurut beliau PTK adalah suatu proses di mana melalui proses ini dosen dan mahasiswa atau guru dan siswa sama-sama menginginkan terjadinya perubahan di mana perubahan itu mengacu pada perbaikan, peningkatan kualitas pembelajaran, dan perubahan pembelajaran ke arah yang lebih baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Baca Juga :  Jadwal dan Sistem Ujian Nasional Tahun 2019/2020

Suyanto mendefinisikan PTK sebagai penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas dimana upaya perbaikan ini dilakukan dengan cara melakukan tindakan untuk mencari jawaban atas permasalahan yang diangkat dari kegiatan tugas guru sehari-hari di kelasnya. Permasalahan itu merupakan permasalahan faktual yang benar-benar dihadapi di lapangan, bukan permasalahan yang dicari-cari atau direkayasa.

Pendapat lain mengatakan, PTK adalah salah satu strategi pemecahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses pengembangan kemampuan dalam mendeteksi suatu masalah dan mencari solusi alternatif untuk memecahkannya. Dapat juga dikatakan bahwa PTK merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukannya itu, serta untuk memperbaiki kondisi nyata dimana praktik pelaksanaan pembelajaran tersebut dilakukan di dalam kelas.

Pos terkait