Berbagai Model Pengembangan Bahan Ajar

  • Whatsapp
Undangan Digital

Rancangan Pengembangan Bahan Ajar Model ASSURE

Model ASSURE merupakan suatu model yang merupakan sebuah formulasi untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) atau disebut juga model berorientasi kelas. Menurut Smaldino et al (2008) perencanaan pembelajaran model ASSURE meliputi 6 tahapan sebagai berikut:

Bacaan Lainnya
  1. Analyze Learners

Tahap pertama adalah menganalisis siswa. Pembelajaran biasanya kita lakukan kepada  sekelompok siswa yang mempunyai karakteristik tertentu. Ada 2 karakteristik yang sebaiknya diperhatikan pada diri siswa, yaitu:

  1. Karakteristik Umum

Karakteristik umum meliputi usia, tingkat perkembangan, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, etnis, kebudayaan, dan faktor sosial ekonomi.

  • Spesifikasi Kemampuan Awal (karakteristik khusus)

Berkenaan dengan pengetahuan dan kemampuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya. Informasi ini dapat kita peroleh dengan memberikan entry test/entry behavior kepada siswa sebelum kita melaksanakan pembelajaran.

  • State Standards and Objectives

Tahap kedua adalah merumuskan standar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Standar diambil dari kompetensi inti dan kompetensi dasar yang sudah ditetapkan. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Gunakan format  ABCD
  2. Mengklasifikasikan Tujuan
  3. Perbedaan Individu
  4. Select Strategies, Technology, Media, And Materials

Tahap ketiga adalah memilih strategi, teknologi, media dan bahan pembelajaran yang sesuai. Strategi pembelajaran harus dipilih apakah yang berpusat pada siswa atau berpusat pada guru sekaligus menentukan metode yang akan digunakan.

  • Utilize Technology, Media and Materials

Tahap keempat adalah menggunakan teknologi, media dan material. Pada tahap ini melibatkan perencanaan dan peran kita sebagai guru dalam menggunakan teknologi, media dan materi. Untuk melakukan tahap ini ikuti proses “5P”, yaitu:

Baca Juga :  Cara Merayakan Ulang Tahun dalam Islam

Pos terkait