Berbagai Model Pengembangan Bahan Ajar

  • Whatsapp
Undangan Digital
  • Write Performance Objectives (Merumuskan tujuan kinerja)

Berdasarkan analisis tujuan pembelajaran dan pernyataan tentang perilaku awal, maka diperoleh pernyataan khusus tentang apa yang dapat dilakukan oleh siswa setelah mereka menerima pembelajaran. Pernyataan-pernyataan tersebut diperoleh dari analisis pembelajaran. Analisis pembelajaran dimaksudkan untuk mengidentifikasi keterampilan-keterampilan yang dipelajari, kondisi pencapaian unjuk kerja, dan kriteria pencapaian unjuk kerja.  Komponen ini bertujuan untuk menguraikan tujuan umum menjadi tujuan yang lebih spesifik pada tiap tahapan pembelajaran.

  • Develop Assesment Instrument (Pengembangan instrumen penilaian)

Pengembangan instrumen penilaian  didasarkan pada tujuan yang telah dirumuskan. Berdasarkan tujuan pembelajaran yang tertulis, kembangkan produk evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa melakukan tujuan pembelajaran.

Bacaan Lainnya
  • Develop Instructional Strategy (Pengembangan strategi pembelajaran)

Strategi pembelajaran meliputi kegiatan prapembelajaran (pre-activity), penyajian informasi, praktek dan umpan balik (practice and feedback, pengetesan (testing), dan mengikuti kegiatan selanjutnya. Penentukan aktifitas pembelajaran membantu dalam pencapaian tujuan

  • Develop and Select Instructional Materials (Pengembangan dan pemilihan bahan ajar)

Mengembangkan dan memilih materi pembelajaran meliputi petunjuk untuk siswa, materi pembelajaran, dan soal-soal. Pengembangan materi pembelajaran tergantung kepada tipe pembelajaran, materi yang relevan, dan sumber belajar yang ada disekitar perancang.

  • Design and Conduct Formative Evaluation of Instruction (Merancang dan melaksanakan evaluasi formatif)

Evaluasi dilakukan untuk mengumpulkan data dan mengidentifikasi data tersebut. Dalam merancang dan mengembangkan evaluasi formatif yang dihasilkan adalah instrumen atau angket penilaian yang digunakan untuk mengumpulkan data. Data-data yang diperoleh tersebut sebagai pertimbangan dalam merevisi pengembangan pembelajaran ataupun produk bahan ajar.

Baca Juga :  Fungsi Perencanaan dalam Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Pos terkait