Berbagai Model Pengembangan Bahan Ajar

  • Whatsapp
Undangan Digital

Rancangan Pengembangan Bahan Ajar Model 4D

Model pengembangan perangkat Four-D Model disarankan oleh Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan sebagai berikut.

Bacaan Lainnya
  1. Define (Pendefinisian)

Kegiatan pada tahap ini dilakukan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pengembangan. Thiagarajan menganalisis lima kegiatan yang dilakukan pada tahap berikut.

  1. Analisis ujung depan (front-end analysis). Pada tahap ini, guru melakukan diagnosis awal untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.
  2. Analisis siswa (learner analysis). Pada tahap ini dipelajari karakteristik peserta didik, misalnya: kemampuan, motivasi belajar, latar belakang pengalaman, dsb.
  3. Analisis tugas (task analysis). Guru menganalisis tugas-tugas pokok yang harus dikuasai peserta didik agar peserta didik dapat mencapai kompetensi minimal.
  4. Analisis konsep (concept analysis).Menganalisis konsep yang akan diajarkan, menyusun langkah-langkah yang akan dilakukan secara rasional.
  5. erumusan tujuan pembelajaran (specifying instructional objectives). Menulis tujuan pembelajaran, perubahan perilaku yang diharapkan setelah belajar dengan kata kerja operasional.

Menurut Mulyatiningsih  dalam konteks pengembangan bahan ajar (modul, buku, LKS), tahap pendefinisian dilakukan dengan cara: 1) Analisis kurikulum, 2) Analisis karakteristik peserta didik, 3) Analisis materi, 4) Merumuskan tujuan.

  • Design (Perancangan)

Tahap perancangan bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran (blueprint). Thiagarajan,  membagi perancangan menjadi empat langkah yang harus dilakukan pada tahap ini sebagai berikut. sebagai berikut:

  1. Penyusunan tes acuan patokan (constructing criterion-referenced test). Tes acuan patokan disusun berdasarkan spesifikasi tujuan pembelajaran dan analisis siswa.
  2. Pemilihan media (media selection). Pemilihan media dilakukan untuk mengidentifikasi media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik materi.
  3. Pemilihan format (format selection). Tahap ini dimaksudkan untuk mendesain atau merancang isi pembelajaran, pemilihan strategi, pendekatan, metode pembelajaran, dan sumber belajar  yang memenuhi kriteria menarik, memudahkan dan membantu dalam pembelajaran.
  4. Rancangan awal (initial design). Rancangan awal yang dimaksud adalah rancangan seluruh perangkat pembelajaran yang harus dikerjakan sebelum uji coba dilaksanakan. Dalam tahap perancangan, peneliti sudah membuat produk awal (prototype) atau rancangan produk  yang  perlu divalidasi  oleh ahli atau teman sajawat.
Baca Juga :  Pengertian Pendidikan
  • Develop (Pengembangan) 

Thiagarajan membagi tahap pengembangan dalam dua kegiatan yaitu expert appraisaldan developmental testingExpert appraisal merupakan teknik untuk memvalidasi atau menilai kelayakan rancangan produk oleh ahli dalam bidangnya. Developmental testing merupakan kegiatan uji coba rancangan produk pada sasaran subjek yang sesungguhnya. Hasil uji coba digunakan memperbaiki produk agar dapat diujikan kembali sampai memperoleh hasil yang efektif.

Pos terkait