Manusia Dan Tugasnya Sebagai Kholifah Di Bumi

  • Whatsapp

Kejadian manusia dari awal penciptaannya melalui berapa tahapan sebagai berikut :

  1. : sari pati tanah.
  2. : sperma. (air mani ) yang disimpan dalam rahim ibu
  3. : segumpal darah.
  4. : segumpal daging
  5. ; tulang belulang.
  6. : tulang belulang yang dibungkus dengan daging.
  7. : mahluk yang lain ( berbentuk manusia sempurna )

Allah menjelaskan tentang proses kejadian manusia yaitu berasal dari saripati tanah kemudian menjadi air mani, lalu berkembang menjadi segumpal darah kemudian menjadi segumpal daging, kemudian tulang belulang yang dibalut dengan daging, maka terciptalah manusia yang sempurna atas kekuasaan Allah swt.

Bacaan Lainnya

 Saksikan tayangan CD Penciptaan Manusia oleh : Prof. Dr. Harun Yahya.

c. Surat Al-Dzariyah ayat 56 tentang tugas manusia
Bacalah ayat-ayat dibawah ini dengan tartil perhatikan tajwid dan kefasihanmu lakukan selama 5 – 10 menit sebelum memulai pelajaran agama Islam.

  Bacaan Surat Al Dzariyat ayat 56 :

Artinya : Dan Aku tidak menciptaka jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu (Q.S. Al Dzariyat : 56)

Dengan tegas Allah menyatakan bahwa tujuan Allah menciptakan jin dan manusaia supaya menyembah kepada-Nya. Menyembah dalam arti menjadikan manusia itu sendiri sebagai abdi / hamba Allah yang selalu siap menerima perintah Allah, dan siap menginggalkan larangan-larangan Allah. Yaitu dengan menjalankan ibadah baik ibadah mahdloh ( yang berhubungan langsung kepada Allah ) seperti mengerjakan sholat, puasa dll, maupun ibadah ghoiru mahdloh ( ibadah yang tidak langsung kepada Allah ) seperti : membantu sesama manusia, mencari ilmu, dll
Selain itu manusia berkwajiban mengelola dan memelihara alam agar kelestariannya tetap terjaga.

d. Surat An Nahl 78 tentang kewajiban manusia untuk bersyukur
Bacalah ayat-ayat dibawah ini dengan tartil perhatikan tajwid dan kefasihanmu lakukan selama 5 – 10 menit sebelum memulai pelajaran agama Islam.

Baca Juga :  Jenis-jenis sastra indonesia
  Bacaan Surat An Nahl 78:

Artinya : Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

Allah swt. Menjelaskan bahwa setiap manusialahir dari perut ibunya dalam keadaan tidak berilmu, dan Allah memberinya karunia yang tidak ternilai berupa pendengaran pengelihatan akal dan kalbu, maka manusia wajib bersyukur kepada Allah swt. Atas segala karuniaNya itu.

D. RANGKUMAN MATERI

  1. Surah Al Baqarah ayat 30 menjelaskan tentang rencana Allah swt. Akan menciptakan Adam ( manusia ) sebagai kholifah di bumi. Kekhawatiran para malaikat bahwa manusia itu nantinya akan berbuat kerusakan dan saling membunuh antar sesamanya. Kekhawatiran para malaikat itu hilang setelah ada penjelasan dari Allah swt.
  2. Surah Al Mu’minun ayat 12 – 14 menungkapan dua hal. Pertama manusia merupakan mahluk ciptaannya yang asal kejadiannya dari saripati tanah. Kedua informasi dari Allah swt. Tentang proses kejadian manusia ketika masih berada dalam kandungan.
  3. Surah Adz Dzariyat ayat 56, mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan Allah swt menciptakan jin dan manusia adalah agar jin dan manusia itu beribadah keadaNya, dengan jalan melaksanakan semua perintah dan menjahui segala laranganNya.
  4. Surah An Nahl ayat 78, menjelaskan bahwa Allah swt. Telah mengeluarkan manusia dari perut ibunya dan memberinya karunia yang tidak ternilai, berupa pendengaran,penglihatan, akal dan kalbu. Manusia harus bersyukur kepada Allah swt atas segala karuniaNya itu.

E. LATIHAN DAN TUGAS
Setelah memahami keseluruhan materi kegiatan 1. Kerjakan tugas 1 beikut :

  1. Bentuklah kelompok bersama teman satu kelompok terdiri dari 4 orang
  2. Masing-masing kelompok menyediakan Al Qur’an
  3. Bacalah ayat-ayat di atas secara bersama-sama kemudian bacalah sendiri-sendiri secara bergiliran pada kelompok anda.
Baca Juga :  Pengertian Profesional Guru

Baca Juga: Keikhlasan Dalam Beribadah

Pos terkait