Menjadi Guru Profesional; Menguasai Empat Kompetensi

  • Whatsapp

Menurut Ragan (2009: 1) “competency is the knowledge, skill, attitude or ability that enables the online teacher to effectively perform a function to some standard of success”. Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau kemampuan yang memungkinkan guru secara efektif melakukan fungsi untuk beberapa standar. Dengan demikian, kompetensi dapat dimaknai kumpulan pengetahuan, perilaku, dan ketrampilan yang harus dimiliki guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan.

Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya (Standar Nasional Pendidikan, penjelasan Pasal 28 ayat 3 butir a). Giertz dalam Asa Reygard (2010: 10) menjelaskan bahwa:

Bacaan Lainnya

“Pedagogical competence can be described as the ability and the will to regularly apply the attitude, knowledge and skills that promote the learning of the teacher’s students. This shall take place in accordance with the goals that are being aimed at and the existing framework and presupposes continuous development of the teacher’s own competence and course design”.

Hakim (2015: 3) mendefinisikan, “The concept that taking about one’s competence required in the learning management called the pedagogical competence”. Sedangkan Shulman dalam Liakopoulou (2011: 68) mengatakan bahwa, “pedagogical thought and action go through the following stages: a) understanding/ perception; b) modification/ transformation; c) teaching; d) evaluation; e) feedback; f) reflection”.

Definisi di atas menegaskan bahwa kompetensi pedagogik digambarkan sebagai kemampuan dan kemauan untuk menerapkan sikap, pengetahuan dan keterampilan secara teratur yang mendukung proses pembelajaran. Kompetensi pedagogik menyiratkan bahwa guru dalam proses pembelajaran mencapai tujuan dan kerangka kerja yang pasti, melalui pengembangan pembelajaran berkelanjutan, pengembangan profesional pribadi, mendukung dan memfasilitasi belajar siswa dengan cara yang terbaik dan juga mencerminkan kemampuan berkolaborasi.

Baca Juga :  Urgensi Akhlak Mulia pada Anak di Era Globalisasi

Pos terkait

1 Komentar

Komentar ditutup.