Perkembangan Fisik dan Psikomotorik Peserta Didik

  • Whatsapp

Pada perkembangan peserta didik, perkembangan fisik-motorik memegang peran yang sangat penting sebab proses tumbuh kembang anak akan mempengaruhi kehidupan mereka pada masa mendatang. Selain itu mempengaruhi aspek perkembangan yang lainnya, misalnya perkembangan kognitif, sosial, dan emosi. Bukankah selama ini kita kenal pribahasa “Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.

Baca Juga: Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Fisik dan Psikomotorik

Bagi peserta didik yang usia remaja, pertumbuhan dan perkembangan fisik yang optimal secara langsung mampu mempengaruhi keterampilan anak dalam bergerak. Sedangkan pengaruhnya secara tidak langsung, berupa berpengaruh terhadap cara pandang atau penyesuaian diri anak tersebut terhadap dirinya sendiri dan orang lain.

Bacaan Lainnya

Karakteristik Perkembangan Fisik dan Psikomotorik Peserta Didik

Secara umum, terdapat perbedaan antara gambaran perubahan-perubahan fisik berdasarkan jenis kelamin laki-laki dengan perempuan (Artaria 2010; Ridlwan 2019). Pada anak perempuan berupa pertumbuhan tulang-tulang (badan menjadi tinggi, anggota-anggota badan menjadi panjang), pertumbuhan payudara, tumbuh bulu halus berwarna gelap di kemaluan, mencapai pertumbuhan ketinggian badan yang maksimum setiap tahunnya, bulu kemaluan menjadi keriting, menstruasi atau haid, dan tumbuh bulu-bulu ketiak.

Sementara pada anak laki-laki berupa pertumbuhan tulang-tulang, testis (buah pelir) membesar, tumbuh bulu kemaluan yang halus, lurus, dan berwarna gelap, awal perubahan suara, ejakulasi, bulu kemaluan menjadi keriting, pertumbuhan tinggi badan mencapai tingkat maksimum setiap tahunnya, tumbuh rambut-rambut halus di wajah, tumbuh bulu ketiak, akhir perubahan suara, rambut-rambut diwajah bertambah tebal dan gelap, dan tumbuh bulu di dada.

Selain perbedaan pada jenis kelamin, setiap fase perkembangan juga memiliki karakteristik perkembangan yang berbeda-beda mulai dari bayi sampai dewasa. Berikut ini karakteristik perkembangan fisik peserta didik berdasarkan rentang usia: 1. Karakteristik perkembangan fisik pada masa kanak-kanak 0-5 tahun., 2. Karakteristik perkembangan fisik pada masa anak usia 5-11 tahun, 3. Karakteristik perkembangan fisik pada masa anak Usia 8-9 tahun, 4. Karakteristik perkembangan fisik pada masa anak Usia 10-11 tahunm, 5. Karakteristik perkembangan fisik pada masa remaja, 6. Karakteristik perkembangan fisik pada masa dewasa.

Baca Juga :  Juknis Bantuan KKG, MGMP, MGBK, KKM, POKJAWAS Madrasah Tahun Anggaran 2021

Baca Juga: Implikasi Perkembangan Fisik dan Psikomotorik Peserta Didik Dalam Pembelajaran

Sama halnya dengan perkembangan fisik, karakteristik perkembangan psikomotorik juga mengalami perbedaan tiap tahun atau fase perkembangan (Hidayat and Nur 2018). Adapun karakteristik perkembangan psikomotorik peserta didik dapat diuraikan sebagai berikut: 1. Karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa anak usia 3 tahun, 2. Karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa anak usia 4 tahun, 3. Karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa anak usia 5 tahunm, 4. Karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa anak usia 6-12 tahun, 5. Karakteristik Perkembangan Psikomotorik Pada Remaja, 6. Karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa dewasa.

Pos terkait